Posisi Jokowi Serba Salah Terkait Budi Gunawan

Minggu, 15 Februari 2015 - 05:31 WIB
Posisi Jokowi Serba Salah Terkait Budi Gunawan
Posisi Jokowi Serba Salah Terkait Budi Gunawan
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mendapat pertentangan keras dari DPR, jika membatalkan melantik Komjen Pol Budi Gunawan (BG) sebagai Kapolri. Hal itu dikatakan pengamat politik Djayadi Hanan. Menurutnya, indikasi tersebut sangat kuat.

"Kalau presiden tak melantik (BG), mungkin presiden tidak akan didukung oleh DPR," kata Djayadi di diskusi Polemik Sindo Trijaya Radio "Simalakama Jokowi" di Warung Daun, Cikini, Jakarta, Sabtu 14 Februari 2015.

Meski presiden telah melakukan pertemuan dengan sejumlah tokoh Koalisi Merah Putih (KMP) dan secara khusus kepada Prabowo Subianto, namun hal itu belum memastikan langkah Jokowi akan mulus di DPR.

"Jadi mungkin saja presiden tidak mendapat dukungan dari DPR, risikonya dia akan ditanya, diinterpelasi, diajukan hak angket dan sebagainya," lanjut Djayadi.

Meski demikian langkah yang dianggap minor bagi anggota dewan dipastikan tidak akan berlaku di mata rakyat. Sebab pembatalan melantik BG, membuat Presiden Jokowi akan mendapat dukungan penuh dari rakyat.

"Jadi presiden tinggal lihat mana risiko yang lebih besar dan bagus diambil," pungkasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.7649 seconds (0.1#10.140)