Beber Data Soal Samad, Hasto Diminta Lapor KPK

Kamis, 05 Februari 2015 - 15:51 WIB
Beber Data Soal Samad,...
Beber Data Soal Samad, Hasto Diminta Lapor KPK
A A A
JAKARTA - Pelaksana tugas Sekretaris Jenderal DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto diminta untuk serahkan dokumen terkait Abraham Samad ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

KPK menyatakan siap mengkaji dokumen yang selama ini dianggap Hasto sebagai bukti dugaan pelanggaran kode etik Ketua KPK Abraham Samad.

Deputi Pencegahan KPK Johan Budi SP mengatakan, secara kelembagaan KPK belum bisa bertindak menyikapi informasi yang diungkap Hasto.

"Sampai hari ini kami belum terima info dan data yang dituduhkan kepada pimpinan KPK, termasuk Pak AS (Abraham Samad)," ujar Johan saat jumpa pers di Gedung KPK, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta, Kamis (5/2/2015).

Johan berpendapat, tuduhan Hasto akan menjadi pertimbangan KPK jika disertai bukti-bukti valid. Dia menilai saat ini Hasto hanya menyampaikan tuduhannya secara sepihak.

Oleh karena itu, kata dia, Hasto menyerahkan seluruh bukti-bukti terkait Abraham kepada KPK. "Sangat elok saya kira apabila Pak Hasto sendiri yang sampaikan ke KPK sehingga KPK kemudian bisa meneliti evaluasi laporan atau info itu apa mengandung kebenaran atau tidak," tuturnya.

Apabila tuduhan yang disampaikan Hasto mengandung kebenaran maka KPK wajib mengambil tindakan. "Tentu ada langkah-langkah yang diambil KPK sebagai lembaga yaitu bentuk komite etik," katanya.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0931 seconds (0.1#10.140)