Kim Jong-un Diagendakan Hadiri KAA

Rabu, 28 Januari 2015 - 11:37 WIB
Kim Jong-un Diagendakan Hadiri KAA
Kim Jong-un Diagendakan Hadiri KAA
A A A
BANDUNG - Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un diundang untuk menghadiri peringatan Konferensi Asia Afrika (KAA) Ke-60 di Jakarta dan Bandung pada April mendatang.

Sebanyak 109 negara diundang pada pertemuan internasional itu. Hal itu disampaikan Sekjen Kemenlu Yohanes Kristiarto Soeryo Legowo selepas melakukan pertemuan dengan Wakil Gubernur Jawa Barat (Jabar) Deddy Mizwar membahas persiapan peringatan KAA di Gedung Sate Bandung, Jabar, kemarin.

”Kita lihat dulu. Yang pasti kalau dia peserta ya kita undang. Kalau hadir atau tidak kita lihat,” ujarnya. Saat ini undangan terus disebar ke negara peserta. Menteri Luar Negeri Retno Marsudi saat ini, menurutLegowo, tengahberada di Kinabalu, Malaysia, sedang melakukan pertemuan dengan negara Afrika.

”Ibu Menlu sedangadadiluar(negeri). DiMalaysia menghadiri Konferensi African Union. Pada kesempatan itu (Menlu) akan memberikan undangankepada negara-negara Afrika yang menjadi peserta KAA,” ungkapnya. Selain 109 negara, menurut Legowo, Indonesia mengundang 25 organisasi internasional. Selain itu Sekjen PBB Ban Ki-moon juga diharapkan hadir pada peringatan tahunan tersebut.

Mengenai kesiapan event yang bakal digelar di Gedung Merdeka di Jalan Asia Afrika, Bandung, ini dia menyampaikan tidak ada halangan. ”Tadi Wagub (Deddy Mizwar) menyampaikan bagaimana kita harus memaksimalkan momentum tersebut, bukan peringatannya tapi bagaimana kita mengisinya. Termasuk antara lain maksimalkan peninggalan sejarah peranan penting Indonesia di dunia internasional,” imbuhnya.

Peringatan itu nantinya akan terdiri atas dua event besar internasional. Pertama KTT Negara Asia Afrika yang akan digelar di Jakarta pada 19-23 April 2015. Kedua seremoni peringatan KAA yang digelar di Bandung pada 24 April 2015.

Yugiprasetyo
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.7291 seconds (0.1#10.140)