Menjelajahi Kampus-Kampus Populer di Dunia

Senin, 26 Januari 2015 - 12:01 WIB
Menjelajahi Kampus-Kampus Populer di Dunia
Menjelajahi Kampus-Kampus Populer di Dunia
A A A
Kampus sebagai destinasi wisata bukan hal baru di luar negeri. Lansekap indah, bangunan menawan, sejarah yang mengesankan menjadi daya pikatnya. Berikut sejumlah kampus destinasi wisata di luar negeri.

University of Oxford

Universitas Oxford merupakan universitas tertua di English-speaking country dan menjadi salah satu universitas terbaik dunia saat ini.

Tak hanya dari sisi prestasi akademis, universitas ini juga menarik baik dari desain bangunan, sejarah, maupun budaya. Kekayaan multidimensi tersebut menarik turis mancanegara untuk berkunjung ke kampus ini. Universitas Oxford memiliki 38 gedung perkuliahan (college) dan tersebar di sekitar kota Oxford. Destinasi terlaris adalah Great Hall di Christ Church. Spot ini digunakan sebagai Hogwart’s Hall di film Harry Potter.

Christ Church merupakan salah satu college terbesar di Universitas Oxford. Para pengunjung diperbolehkan menikmati keindahan Christ Church sepanjang tahun. Meski begitu, perlu diingat bahwa Christ Church merupakan institusi akademik dan relijius sehingga beberapa area, termasuk Hall and the Cathedral, mungkin saja tutup tanpa ada pemberitahuan.

Berapa biaya yang harus dikeluarkan agar bisa merasakan sensasi Hogwart’s Hall sungguhan?

University of Cambridge

Karakteristik bangunan dan sejarah universitas juga menjadi daya pikat University of Cambridge dalam menggaet turis. Kings’ College merupakan satu dari 31 college di University of Cambridge dan terkenal akan chapel serta choir-nya.

Selain disuguhkan kolaborasi pemandangan alam dan bangunan dengan arsitektur akhir masa Gothic (Perpendicular), pengunjung juga bisa menghadiri pelayanan chapel. Untuk bisa memasuki College Grounds and Chapel dikenakan biaya masuk. Seperti dilansir dari kings.cam.ac.uk, terhitung sejak 3 Januari 2015, tiket masuk dibanderol £8.00 atau £5.50 (anak-anak, pelajar, dan lansia).

Untuk grup (10 orang atau lebih) sebesar £7.00 atau £5.00 (anak-anak, pelajar, dan lansia). Para turis juga bisa mengunjungi sembilan museum yang dibuka sepanjang tahun.

Harvard University

Ingin tahu seperti apa universitas yang telah melahirkan banyak tokoh dunia seperti Barrack Obama, Benyamin Netanyahu, Benazir Bhutto, hingga Mark Zuckerberg?

Para turis bisa mengikuti tur yang dipimpin oleh mahasiswa Harvard langsung dengan berjalan mengelilingi taman Harvard. Sekaligus menceritakan sejarah kampus, informasi umum, dan pengalaman unik yang dialami secara personal oleh mahasiswa Harvard. Tur ini tidak dipungut biaya. Ada juga The Harvard Tour yang akan memanjakan turis dengan suguhan destinasi pilihan.

Seperti eksplorasi museum terpopuler Harvard Museum of Natural History yang dikenakan biaya USD19,75 untuk orang dewasa.

Yale University

Tur yang disediakan Yale University mencakup histori yang telah berjalan selama 300 tahun dan arsitektur universitas. Turis juga diajak mengunjungi the Gothic Sterling Memorial Library, Yale’s Largest, serta The Beinecke Rare Book dan Manuscript Library.

Jika ingin tur secara private dan beregu hingga 25 orang, dikenakan biaya USD40 per pemandu (guide).

Stanford University

Kampus Stanford menyuguhkan panorama yang begitu kaya. Tengoklah gaya arsitektur Richardsonian Romanesque dan California Mission Revival di detail bangunan kampus.

Selama satu jam, para turis akan diajak mengeksplosi keindahan kampus Stanford yang dipandu oleh mahasiswa. Tur ini tidak dikenakan biaya alias gratis.

University of California, Berkeley (UC Berkeley)

UC Berkeley menyediakan beberapa jenis tur gratis bagi turis hampir setiap hari sepanjang tahun. Tur ini diperuntukkan bagi individual, keluarga, dan grup 9 orang. Di salah satu jenis tur, UC Berkeley mengajak turis mengunjungi California Memorial Stadium dan The Simpson Center.

Tur satu jam ini meliputi beragam tempat menarik, termasuk Lisa and Douglas Goldman Plaza, The Haas School of Business Innovation Lab (iLab), The Hall of Fame Room, dan The Simpson Center. Untuk mengikuti tur ini, Anda cukup mengeluarkan uang USD3 untuk 18+ dan USD2 untuk 17 tahun ke bawah.
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3816 seconds (0.1#10.140)