Tsipras Gaet Dukungan Masyarakat Yunani

Sabtu, 24 Januari 2015 - 13:04 WIB
Tsipras Gaet Dukungan Masyarakat Yunani
Tsipras Gaet Dukungan Masyarakat Yunani
A A A
ATHENA - Pemimpin partai sayap kiri Yunani, Syriza, Alexis Tsipras meminta masyarakat memberinya kesempatan memimpin Yunani dan mengeluarkan Negeri Para Dewa itu dari lilitan utang.

Ini merupakan bagian dari kampanyenya sebelum pemilihan umum yang akan berlangsung awal pekan depan. Dalam kampanyenya, Tsipras berjanji untuk mengakhiri kebijakan penghematan negara dan membayar setengah dari utang internasional Yunani. Di tengah resesi ekonomi dan pengangguran yang semakin meningkat, Tsipras meminta warga untuk memberinya satu kesempatan mengubah Yunani menjadi lebih baik.

“Syriza meminta kesempatan pertama dan mungkin yang terakhir kalinya bagi Yunani. Kami akan menyelesaikan semua permasalahan luar negeri,” ujar Tsipras saat berkampanye di Athena dilansirBBC. Menurut laporan BBC, Tsipras mendapat banyak dukungan dari warga Yunani. Mereka percaya Tsipras mampu menarik Yunani dari kehidupan yang buruk.

Namun banyak pula yang memperingatkan, kemenangan Syriza dapat menimbulkan polemik dengan negara-negara zona euro lainnya. Alexis Tsipras adalah politikus Yunani yang saat ini menjadi pemimpin oposisi dan koalisi kiri radikal Syriza. Dia pertama kali terpilih menjadi anggota parlemen Yunani pada 2009.

Alumnus National Technical University of Athens ini memulai aktivitas politiknya sejak masih berada di bangku kuliah dengan bergabung bersama Komunitas Komunis Muda pada akhir 1980-an. Perjalanan politik di pemerintahan Yunani dimulai ketika dia menjadi sekretaris politik pertama-sayap pemuda Synaspismos Neolaia Syn dari Mei 1999 hingga November 2003.

Sebagai pemimpin yang dikenal sangat radikal, Tsipras berhasil mempertahankan kepatuhan anak buahnya dan aktif menciptakan forum sosial yang sering hadir dalam pawai atau protes internasional. Tsipras memiliki pemikiran sendiri tentang perubahan besar bagi masa depan yang lebih baik bagi semua orang Eropa dalam 10 tahun mendatang.

Rini agustina
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8872 seconds (0.1#10.140)
pixels