Didominasi Orang Parpol, Wantimpres Membahayakan

Senin, 19 Januari 2015 - 13:20 WIB
Didominasi Orang Parpol, Wantimpres Membahayakan
Didominasi Orang Parpol, Wantimpres Membahayakan
A A A
JAKARTA - Kalangan partai politik (parpol) mendominasi keanggotan Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres). Kondisi tersebut dikhawatirkan membuat fungsi Wantimpres tidak maksimal.

"Berbahaya arah pemerintahan Jokowi memilih anggota Wantimpres berperilaku asal bapak senang," kata pengamat politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Pangi Syarwi Chaniago kepada Sindonews di Jakarta, Senin (19/1/2015).

Menurut dia, penasihat presiden harus berani mengkritik dan memberikan masukan kepada Jokowi, meskipun hal itu pahit.

"Wantimpres itu bahasa sederhana saya, tidak lebih dari pembisik. Kalau salah mengirimkan pesan bisik bisa-bisa Jokowi sesat politik," tuturnya.

Dengan komposisi Wantimpres didominasi parpol, Pangi tidak yakin lembaga itu akan produktif memberikan masukan kepada Presiden.

Sebaliknya, lanjut dia, Watimpres hanya akan menjadi penyambung lidah partai seperti kabinet yang diisi orang-orang parpol.

Presiden Jokowi pada Senin (19/1/2015) hari ini melantik sembilan orang anggota Wantimpres,.

Dari sembilan orang itu, enam di antaranya adalah kader partai yakni Rusdi Kirana (PKB), Suharso Monoarfa (PPP), Sidarto Danusubroto (PDIP), Yusuf Kartanegara (PKPI), Subagyo HS (Hanura), Jan Darmadi (NasDem).
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7631 seconds (0.1#10.140)