Serunya Kongko sambil Bersantap

Minggu, 18 Januari 2015 - 09:24 WIB
Serunya Kongko sambil Bersantap
Serunya Kongko sambil Bersantap
A A A
Masakan Nusantara masih menjadi primadona bagi para pencinta kuliner. Bukan hanya warung kaki lima, tempat makan berkonsep resto dan kafe pun banyak yang menawarkan menu khas Indonesia itu. Salah satunya kafe modern yang ada di Medan ini. Apa saja yang ditawarkan di sana?

Namanya Vewe Cafe and Resto. Dari sisi desain interior, ini tempat makan berkonsep modern, meski gaya yang diusung termasuk vintage. Tengok saja elemen dekorasi yang digunakan, semuanya kuno dan unik. Mulai dari ban bekas, kayu packing, drum, hingga manekin yang dijadikan material untuk kaki kursi bar.

Masih ada lagi yang khas, apalagi kalau bukan keberadaan satu unit mobil Volkswagen (VW) kombi yang menjadi “ikon” kafe ini. Mobil tersebut hadir bukan semata sebagai pajangan, tapi sekaligus menjadi tempat meracik berbagai minuman yang akan disajikan di kafe ini. Konsepnya mirip- mirip bar.

Bagian kabin mobil dibuka begitu saja untuk menyimpan berbagai bahan minuman, dengan atap terbuka, ditambah hiasan yang dibuat semenarik mungkin demi memikat perhatian pengunjung. Hanya, yang menarik sebenarnya adalah menu yang dihadirkan. Hampir semuanya berkonsep masakan Indonesia, terutama masakan yang berasal dari tanah batak.

“Menu Nusantara, khususnya yang khas batak, menarik karena terdiri dari berbagai cita rasa, terutama pedas. Makanan seperti itu mudah diterima di lidah masyarakat Medan yang mayoritas suka makanan pedas,” kata penanggung jawab Vewe Cafe and Resto, Fenny, kepada KORAN SINDO. Salah satu menu yang diunggulkan di sini adalah nasi ayam andaliman.

Begitu mendengar namanya, semua orang Medan pasti tahu bahwa andaliman merupakan bumbu khas yang biasa digunakan orang Batak kala memasak. Rasa bumbu masak ini sangat pedas, tak ubahnya merica. Nah, kekhasan itulah yang diadopsi Eryki, 22, sang pemilik Vewe Cafe and Resto.

Dibuat berdasarkan resep serta bumbu racikan khas keluarga Eryki, nasi ayam andaliman ala Vewe menjadi terasa berbeda. Rasa pedas, gurih, dan manis bercampur jadi satu. Belum lagi penyajiannya yang menarik, membuat perut semakin keroncongan minta diisi. Selain itu, masih ada sekitar 50 menu lain yang ditawarkan.

Di antaranya nasi kari ayam, nasi ayam pandan, nasi goreng belacan, dan nasi goreng pete. Untuk menu bergenre sayuran, pilihannya ada kangkung terasi, genjer hebi, kangkung cah bawang putih, dan masih banyak lagi. Adapun menu minuman, ada sekitar 50 jenis yang disediakan, mulai kopi, teh, jus, smoothies, dan mocktail yang diracik langsung oleh Eryki.

Nama-nama yang disematkan untuk menu minuman tersebut cukup unik, ada Land of the Lord dengan racikan buah kiwi, Abakadabra, Shirley Temple, dan Oriano Chocolate. Meski baru beroperasi sejak 14 Oktober 2014, respons positif sudah ditunjukkan oleh pengunjung yang umumnya merupakan karyawan perkantoran yang ada di sekitar kafe. Pada hari kerja, kafe penuh dengan pekerja yang makan siang, begitu juga ketika malam hari tiba. Kafe ini menjadi lokasi kongko favorit anak muda Medan.

Jelia amelida
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6768 seconds (0.1#10.140)
pixels