Kompolnas Telaah Pati Polri Calon Pengganti Sutarman

Kamis, 18 Desember 2014 - 07:07 WIB
Kompolnas Telaah Pati Polri Calon Pengganti Sutarman
Kompolnas Telaah Pati Polri Calon Pengganti Sutarman
A A A
JAKARTA - Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) saat ini sedang memilah-milah perwira tinggi (Pati) untuk nantinya dijadikan bahan rekomendasi kepada presiden untuk memilih Kapolri yang baru. Pasalnya, tahun depan Kapolri Jenderal Pol Sutarman akan memasuki masa pensiun.

"Kita sedang melakukan penelaahan terhadap perwira tinggi baik dari segi catatan karirnya maupun rekam jejaknya. Agar nanti dapat kita sampaikan kepada presiden," ujar Komisioner Kompolnas Hamidah Abdurrahman ketika dihubungi SINDO, Rabu 17 Desember 2014.

Hamidah mengatakan, salah satu tugas Kompolnas adalah melakukan penelaahan terhadap perwira tinggi Polri yang dapat dicalonkan sebagai Kapolri.

"Setelah Kompolnas menyampaikan rekomendasinya, Presiden kemudian mempertimbangkan dan selanjutnya dilakukan uji kepatutan oleh DPR dalam hal ini Komisi III," jelasnya.

Ditanyakan apakah nantinya akan melibatkan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) dalam melakukan penjaringan bakal calon Kapolri? Hamidah menjawab, hal tersebut bisa saja dilakukan. Dengan melihat catatan PPATK, dapat diketahui apakah calon Kapolri bersih atau tidak.

"Soal bersih atau tidak kita tidak punya catatan. Itu bisa kita mintakan ke PPATK," ucapnya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7087 seconds (0.1#10.140)