Kopaska TNI AL Temukan Kapal Selam Nazi

Kamis, 11 Desember 2014 - 13:19 WIB
Kopaska TNI AL Temukan Kapal Selam Nazi
Kopaska TNI AL Temukan Kapal Selam Nazi
A A A
JAKARTA - Bangkai kapal selam milik Nazi Jerman ditemukan di laut Jawa. Bangkai tersebut diduga, jenis U-Boat 168 atau Unterseeboot milik Jerman masa perang dunia II.

Penelusuran terhadap keberadaan bangkai tersebut dilakukan pihak Komando Pasukan Katak (Kopaska) TNI AL sejak 30 Mei 2014 dengan melakukan penyelaman. Dasar penelusuran tersebut dari berbagai pemberitaan media massa yang menyebutkan penemuan tersebut.

"Sudah dijadikan rumor, ada kapal selam Nazi, Jerman, karena dipemberitaan itu tak ada kelanjutan, kemudian kami melaksanakan penelusuran," ujar Komandan Detasemen 3 Tim Kopaska Koarmaritim Surabaya TNI AL Mayor Laut (P) Yudo Ponco di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Gedung BPPT, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (11/12/2014).

Yudo menambahkan, dasar penelusuran lainnya adalah, setelah tim peneliti dari pusat arkeologi nasional menemukannya terlebih dahulu pada tahun 2013. Kemudian, pihak Kopaska menemukan bangkai kapal selam itu dengan kedalaman 25 meter.

Dalam kapal selam itu ditemukan banyak alat makan, botol-botol minuman keras, serta botol parfum. Lanjutnya, di bagian dasar piring makan terdapat lambang burung yang sedang mencengkeram simbol swastika khas Nazi.

Sementara interior kapal selam, sudah berantakan atau dengan kondisi tidak baik. "Ditemukan juga dua tengkorak dengan kondisi terjepit," terangnya.

Namun, pihaknya belum menemukan nomor lambung kapal selam tersebut. Pihaknya juga berharap pemerintah dapat menindaklanjuti penemuan bangkai kapal selam milik Nazi itu.

"Apa yang kami temukan bisa dikembangkan," tandasnya di hadapan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman (Menko Maritim) Indroyono Soesilo serta pihak Kedutaan Besar Jerman untuk Indonesia.
(kur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7272 seconds (0.1#10.140)