Gelar Keluarga Kerajaan Thailand Dicopot

Kamis, 04 Desember 2014 - 12:01 WIB
Gelar Keluarga Kerajaan Thailand Dicopot
Gelar Keluarga Kerajaan Thailand Dicopot
A A A
PUTRA mahkota Thailand Vajiralongkorn mengajukan permohonan pencopotan gelar kebangsawanan yang diberikan kepada keluarga dekat istri ketiganya, Puteri Srirasmi Akrapongpreecha.

Alasannya, ada tujuh anggota keluarga dekat istrinya yang terbukti melakukan korupsi. Seperti dilaporkanBBC, tindakan yang diambil sang pangeran ini disinyalir beberapa pihak sebagai langkah awal menuju perceraian. Putra Raja Thailand Bhumibol Adulvadej ini diketahui publik sudah cukup lama menjauhi istri yang dinikahinya pada 2001 silam, meskipun pada saat acara kenegaraan keduanya masih kerap tampil bersama di muka umum.

Langkah “pembersihan” keluarga dekat Puteri Srirasmi yang berulah negatif ini menarik perhatian media setempat dalam sepuluh hari terakhir. Paman Srirasmi adalah seorang jenderal polisi yang ditahan atas tuduhan mengumpulkan kekayaan melalui tindakan penyelundupan dan perjudian raket.

Empat saudara kandung Srirasmi dan dua anggota keluarga lainnya juga ikut ditahan. Vajiralongkorn yang melalui kantornya mengirimkan surat kepada Kementerian Dalam Negeri Thailand yang isinya meminta untuk mencabut nama kerajaan yang dia berikan kepada para anggota keluarga sang istri saat Vajiralongkorn menikahi Srirasmi.

Beberapa analis mengungkapkan, situasi dramatis yang dialami Srirasmi serta keluarganya menjadi sangat sensitif bagi Thailand, mengingat kesehatan Raja Bhumibol Adulvadej kurang baik.

Arvin
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5382 seconds (0.1#10.140)