Bangun Desa, Indonesia Tiru Korea Selatan

Rabu, 03 Desember 2014 - 03:14 WIB
Bangun Desa, Indonesia...
Bangun Desa, Indonesia Tiru Korea Selatan
A A A
JAKARTA - Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) akan menjajaki kerja sama dengan Korea Selatan (Korsel).

Kerja sama itu untuk memperkuat masyarkat perdesaan dalam berbagai bidang. Kementerian Desa menganggap program Saemuel Undong atau desa baru di Korsel berhasil. Saemuel Undong adalah suatu gerakan membangun desa.

"Kerja sama ini ada kaitannya dengan Undang-undang Desa. Gerakan Saemuel Undong merupakan gerakan nasional agar masyarakatnya bisa keluar dari kemiskinan," kata Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Marwan Jafar dalam keterangan tertulisnya, Selasa 2 Desember 2014.

Marwan mengatakan, kesempatan kerja sama tersebut diusulkan untuk sebagai berbagi pengalaman mengenai pembangunan daerah tertinggal.

Dia mengatakan, Indonesia perlu mengetahui tahapan Saemuel Undong dari awal hingga dapat memulai modernisasi daerah-daerah tertinggal.

"Secara lebih mendalam, usulan kerja sama akan mengangkat peluang penerapan pembangunan. Mungkin dimulai dari sisi teknologi, mengangkat potensi ekonomi serta perbaikan infrastruktur di perdesaan tersebut," ujar menteri asal PKB ini.

Marwan menilai Korea Selatan berhasil membangun desa dengan program Saemuel Undong. Program itu dikerjakan masyarakat desa dengan sumber daya yang tersedia.

"Keberhasilan program-program masyarakat perdesaan di Saemul Undong itulah yang coba akan dipresentasikan dalam kerjasama antara Kementerian Desa Indonesia dengan Duta Besar Republik Korea Selatan," ujarnya.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0790 seconds (0.1#10.140)