Aksi Luar Lapangan Hijau

Minggu, 23 November 2014 - 11:37 WIB
Aksi Luar Lapangan Hijau
Aksi Luar Lapangan Hijau
A A A
Mulai peluit awal berbunyi hingga laga usai banyak sekali momen, terutama sport action, yang dapat kita abadikan sepanjang pertandingan sepak bola.

Duel memperebutkan bola di udara, tekel keras pemain bertahan, hingga aksi penjaga gawang yang terbang menangkap bola merupakan momen- momen fotografis yang sangat baik untuk diabadikan.

Namun, momen menarik pada pertandingan sepak bola tak hanya berlangsung di lapangan hijau. Tribun penonton hingga areal luar stadion pun menghadirkan banyak sekali momen untuk direkam ke dalam foto. Tim sepak bola bagi sebagian besar masyarakat bukan hanya tim olahraga, melainkan bentuk perwujudan suatu wilayah atau bahkan negara.

Maka tak heran, beragam atribut pasti menghiasi para suporter yang menonton suatu pertandingan untuk menyatakan kebanggaan terhadap suatu tim. Dari sekedar jersey tim, ikat kepala, bendera, face painting, hingga body painting digunakan oleh mereka. Tak hanya atribut yang digunakan, para suporter yang terorganisasi juga memiliki yel-yel penyemangat dengankoreografimenarikdanmereka peragakan sepanjang pertandingan.

Untuk mendapatkan momen-momen menarik di luar lapangan, mulai biasakan untuk hadir di lokasi beberapa jam sebelum dimulainya pertandingan. Tunggulah di pintu masuk utama stadion, tak lama kita akan bertemu dengan para suporter dengan dandanan dan atribut yang unik. Suporter-suporter fanatik pun kerap melakukan aksi dukungan sebelum memasuki pertandingan untuk membangkitkan semangat para suporter lain.

Cobalah memotret misalnya beragam face painting dari suporter yang berdatangan dan menjadikannya sebagai satu kolase foto. Tak usah sungkan untuk memotret, banyak suporter sepak bola justru merasa senangjikadiabadikanolehpara fotografer. Setelah mengabadikan keunikan dari suporter yang berdatangan, kini saatnya kita memotret aksi para suporter di dalam stadion.

Sebelum pertandingan dimulai, mereka kerap bersama menyanyikan mars kebanggaan klub, atau lagu kebangsaan Indonesia Raya jika kita memotret pada pertandingan timnas Indonesia. Saat lagu dinyanyikan, seluruh suporter dalam stadion akan berdiri dan membentangkan syal panjang bertuliskan nama dan logo klub. Momen ini sangatlah istimewa untuk diabadikan, pola bentangan syal dari seluruh suporter akan menjadi foto yang sangat baik, terutama jika kita menggunakan lensa tele.

Penggunaan lensa tele akan membuat pola bentangan lebih jelas kentara dan komposisi akan terlihat sangat padat. Tempat terbaik untuk memotret pertandingan sepak bola tentu saja ada di areal pinggir lapangan. Namun pada pertandingan resmi, areal tersebut hanya diperuntukkan untuk wartawan foto dan panitia pertandingan. Bukan berarti kita tidak bisa memotret dengan baik jika tidak berada pada lokasi itu.

Usahakan memotret pada deretan terbawah tribun agar bisa leluasa mencari komposisi yang baik untuk membidik ke deretan bangku penonton atas dan juga pandangan yang bebas ke tengah lapangan. Momen lain yang harus ditunggu adalah saat pemain tim kesayangan mereka berhasil membobol gawang lawan.

Raut muka nan ekspresif dari para suporter yang bergembira sangatlah berharga sebagai objek foto yang baik. Begitu pula sebaliknya, saat gawang tim kesayangan kebobolan oleh tim lawan, raut muka sedih juga merupakan objek yang tak kalah baiknya. Berbeda dengan memotret aksi di lapangan, memotret sisi lain pertandingan sepak bola juga tak terlalu membutuhkan perangkat fotografi yang rumit.

Tak perlu lensa tele nan panjang dan kamera level high end dengan performance serta fitur continous shoot yang tinggi. Kamera compact atau bahkan kamera smartphone pun bisa kita pergunakan. Hal yang perlu diperhatikan hanyalah kejelian untuk mencari objek dan menangkapnya dalam waktu yang tepat. Dan jangan lupa, nikmatilah jalannya pertandingan.

Arie yudhistira
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7562 seconds (0.1#10.140)