Superhero Indonesia : Masihkah Dikenal?

Sabtu, 08 November 2014 - 13:40 WIB
Superhero Indonesia : Masihkah Dikenal?
Superhero Indonesia : Masihkah Dikenal?
A A A
ISYANA WIDYANTARI
Jurnalistik-Universitas
Padjajaran


Superhero Indonesia itu, ada Gundala Putra Petir, Godam, Kapten Halilintar pada era 1970-an. Kalau yang era 1990-an paling seperti Saras 008, dan Panji Manusia Millennium. Indonesia itu sebenarnya enggak kekurangan superhero,tapi kurang kuat eksistensinya dan kurang kuat identitasnya.

Jadi, anak-anak sekarang enggak tahu superhero asli Indonesia. Semoga ada produser yang mau buat film tentang superheroIndonesia kayak Saras 008 dan Panji Manusia Millennium. Selain itu, komikus di Indonesia banyak banget yang berprestasi atau animatornya sudah di tingkat dunia seperti Rini Sugiarto. Mulai deh bikin karakter asli Indonesia dengan kearifan lokal yang ada di dalamnya. Terus desainnya diperkuat sehingga orang bisa melihat jelas perbedaan superhero asli Indonesia dengan luar negeri.

CITRA DHYANI S
Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat-IPB


Superhero yang gue tahu itu Gatot Kaca, Panji Manusia Millennium, Saras 008, Pitung, dan Wiro Sableng. Kalau dulu tuh hitsbanget, tapi sekarang zamannya beda banget. Anak-anak sekarang enggak tahu.

Padahal, superheroitu kan bisa dibilang based on our culture, Gatot Kaca contohnya. Superhero lokal itu dipengaruhi sama budaya Indonesia, mulai kostum sampai ceritanya. Harapannya, ada orang yang mau mem-publish tentang superherolokal supaya anak-anak sekarang tahu kalau Indonesia juga punya pahlawan sendiri, istilahnya punya Superman versi Indonesia.

WIDIA PUSPA
Teknik Informatika Universitas Indra Prasta PGRI Jakarta


Superhero Indonesia yang gue tahu itu Gatot Kaca, Panji Melenium, Sri Asih, Samson, dan yang baru-baru ini muncul superhero Indonesia Bima Satria Garuda yang ada serial TVnya. Waktu itu di Jakarta juga pernah ada acara Cosplay Superhero Indonesia, cuma enggak datang ke sana.

Kalau gue pribadi, senang Indonesia juga punya superhero sendiri dan tokoh-tokohnya juga unik, tapi enggak tahu begitu banyak. Superhero lokal dan luar negeri jelas beda banget dari kostumnya. Kalau dilihat dari karakternya, superheroluar negeri lebih hebat, keren ya sesuai dengan negaranya sih. Tapi Indonesia juga enggak kalah keren superhero-nya.

Kalau di Indonesia, superhero dibuat dengan sesuai karakter orang-orang Indonesia. Harapannya supaya anakanak muda generasi sekarang dan tahun-tahun selanjutnya bisa kenal dan menyukai superhero Indonesia. Kalau perlu dikampanyekan lebih sering dan lebih banyak di setiap kota dan di setiap toko buku, paling tidak harus ada komik yang menceritakan superheroIndonesia. Sukses terus pokoknya buat superheroIndonesia.

ARYANI VIDIASTUTI
Manajemen Informatika Politeknik Manufaktur Astra


Superhero Indonesia tuh pahlawan yang ada di cerita budaya Indonesia, seperti Gatot Kaca, Pandawa 5. Menurut gue bagus, karena karakternya mencerminkan budaya daerah yang diangkat. Perbedaan superherolokal dan luar negeri itu, menurut gue, di kostum dan alat perang.

Kalau Indonesia itu kostumnya mencerminkan budaya Indonesia, alat perangnya itu tradisional tapi ampuh melawan musuh. Harapannya Indonesia semakin aktif mengangkat cerita bertemakan itu. Terus promosi via media sosial ditingkatkan lagi. Kalau bisa ada film layar lebar atau serialnya yang mengangkat tema itu dengan efek dan alur cerita yang menarik. Dengan begitu, anak-anak sekarang tahu tentang superhero Indonesia sekaligus belajar tentang sejarah dan budaya Indonesia.

RHIYANDA LADY
Teknik Kimia Institut Teknik Indonesia


Superhero Indonesia ya? Yang gue tahu Gatot Kaca. Bagus, tapi terkadang kurang masuk akal. Tapi, superhero Indonesia itu beda dari segi cerita karena kebanyakan mengangkat dari daerah-daerah di Indonesia. Kalau dibandingi sama superhero luar negeri, Indonesia masih kurang bisa bersaing, baik dari segi kostum maupun peralatan perangnya.

Gue berharap suatu saat ada lagi film-film berseri tentang superheroIndonesia yang pastinya mendidik, khususnya bagi anak-anak kecil. Karena anak-anak sekarang kemungkinan besar enggak tahu superheroIndonesia. Oh iya, satu lagi, lebih sering ada event cosplayyang bertema superherolokal.

TIFFANY DIAHNISA
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5479 seconds (0.1#10.140)