29 Narkotika Jenis Baru Beredar di Indonesia

Jum'at, 07 November 2014 - 20:24 WIB
29 Narkotika Jenis Baru...
29 Narkotika Jenis Baru Beredar di Indonesia
A A A
JAKARTA - Badan Narkotika Nasional (BNN) menemukan 29 narkotika jenis baru di Indonesia, yang dikenal dengan nama New Phsycoactive Substance (NPS).

Kepala Sesi (Kasi) Media Dunia Maya, TV dan Radio Deputi Bidang Pencegahan BNN, M Affan Eko Budi mengatakan, bentuk NPS itu bemacam-macam, ada yang disamarkan dalam multi vitamin, kosmetik dan jajanan anak-anak.

"Jadi masyarakat harus tetap waspada. Salah satu NPS yang beredar adalah jenis Methilon yang pernah di komsumsi oleh artis bernisial RA beberapa waktu lalu," kata Affan saat diskusi dengan pemuda karang taruna di lingkungan Kelurahan Lebak Bulus, Jakarta, Jumat (7/11/2014).

Dia menambahkan, NPS tersebut menghasilkan efek yang sama seperti ekstasi, sabu dan lain-lain. Justru beberapa NPS dampaknya jauh lebih berbahaya dan mematikan.

Menurutnya, sesuai Undang-undang (UU) Narkotika Nomor 35/2009 tentang Narkotika, ancaman maksimal pelaku kejahatan narkotika golongan satu baik tanaman maupun bukan tanaman, itu hukuman mati.

Sebenarnya narkotika boleh digunakan tapi harus sesuai dengan resep dokter. Sebagai contoh perempuan yang melakukan persalinan dengan cara operasi itu menggunakan narkotika, untuk melakukan pembiusan dan mengurangi rasa nyeri.

"Tapi jika penggunaan narkotika ini di luar atau melebihi indikasi medis, itu sudah dikatakan dengan penyalahgunaan narkotika dan dikenakan sanksi hukum atas penyalahgunaannya tersebut," jelasnya.

Affan mengajak keluarga pecandu narkoba untuk mendatangi Institusi Penerima Wajib lapor (IPWL) dan BNN untuk melaporkan diri untuk menjalani rehabilitasi.

"Apabila di antara kita ada yang menjadi pengguna narkoba ata ada keluarganya yang menjadi pengguna narkoba maka sebaiknya melaporkan diri ujar Affan. Saya jamin BNN tidak akan menangkap," tutup Affan.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0695 seconds (0.1#10.140)