Peserta MNCTV Pahlawan Sambangi Koran Sindo & SINDOnews

Senin, 03 November 2014 - 18:03 WIB
Peserta MNCTV Pahlawan Sambangi Koran Sindo & SINDOnews
Peserta MNCTV Pahlawan Sambangi Koran Sindo & SINDOnews
A A A
JAKARTA - MNCTV Pahlawan untuk Indonesia 2014, akan memberikan apresiasi berupa penghargaan kepada sejumlah pihak yang dinilai berjasa dalam mengembangkan daerah dan menginspirasi orang lain.

Kali ini, tim MNCTV Pahlawan bertandang ke redaksi Koran Sindo dan Sindonews, di Gedung Sindo, Jalan Wahid Hasyim, Jakarta Pusat.

Pada kesempatan ini, kandidat peraih MNCTV Pahlawan hadir. Di antaranya, Untung Sutrisno, Rasino, Achmad Nuril, Asia Pananrangi, Martha Kewuan, Ai Dewi, I Made Sumasa dan To Suprapto.

Dalam sesi perkenalan ini, masing-masing peserta memberikan perkenalan mengenai fokus perjuangan yang dilakukannya, di masing-masing bidang.

Marta Kewuan wanita asal Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) ini tak kenal lelah demi mewujudkan perempuan yang mampu berkontribusi untuk keluarganya.

"Kegiatan saya bagaimana perempuan bisa mengembangkan ekonomi kreatif. Sehingga dia bisa menghasilkan pekerjaan dan menghasilkan uang. Sedikit banyaknya bisa membantu perekonomian keluarga," kata Marta di Gedung Sindo, Jakarta, Senin (3/11/2014).

Lain lagi dengan Achmad Nuril, pelukis yang berdomisili di Pamulang, Tangerang Selatan (Tangsel) ini, mengaku dari hasil lukisannya yang terjual, disisihkannya untuk membantu warga miskin.

"Anak putus sekolah kami bantu. Kami juga memproduksi tas punggung merek Amphibi. Saya tidak menyangka sampai sejauh ini. Aktivitas sosial ini yang sangat panjang dan penuh risiko dan tidak mudah," ucapnya.

Rasino, dengan keterbatasannya, dia menjadi pengajar seni, seperti gamelan. Dia memberikan ilmunya itu di sekolah dasar (SD) dan lingkungan sekitar.

"Tapi saya belum bisa disebut guru, secara akademisi belum cukup. Yang terpenting bagi saya, ilmu budaya yang saya salurkan ini," tuturnya.

"Budaya mengajarkan orang untuk tidak arogan. Penanaman budaya sejak kecil, akan menjadi individu yang peduli dengan budayanya sendiri. Saya ingin ilmu saya berguna bagi orang lain," imbuhnya.

Selanjutnya, para peserta MNCTV Pahlawan 2014 ini akan menjalani masa karantina yang diselingi dengan berbagai program dari pihak MNCTV. Karantina ini digelar di Neo Hotel, Jalan Kapten Tendean, Jakarta Selatan.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6903 seconds (0.1#10.140)