Aktivitas Semeru Meningkat

Minggu, 02 November 2014 - 13:44 WIB
Aktivitas Semeru Meningkat
Aktivitas Semeru Meningkat
A A A
MALANG - Aktivis vulkanik Gunung Semeru di Jawa Timur kembali menunjukkan peningkatan. Dalam beberapa hari terakhir, terjadi gempa tremor yang menandai pembentukan kubah lava.

Menurut Kepala Pos Pengamatan Gunung Semeru, di Gunung Sawur, Suparno,gempa tremor sepanjang Oktober terjadi hingga 10 kali. ”Apabila terus membesar, kubah lava itu akan menjadi guguran lava pijar,” terangnya di Malang, kemarin.

Suparno mengatakan, peningkatan aktivitas Gunung Semeru itu wajar, namun tetap harus diwaspadai. Saat ini, status gunung juga masih pada level waspada. ”Rata-rata setiap 30 menit terjadi letusan. Untuk Gunung Semeru, malah akan sangat berbahaya apabila tidak terjadi letusan rutin, karena bisa menandakan akan terjadi letusan besar,” ungkapnya.

Sementar itu, untuk mengantisipasi terjadinya bencana alam di berbagai wilayah Indonesia, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) merancang rencana sistem induk komunikasi bencana. ”Komunikasi bencana bermuara pada keselamatan. Ini merupakan konsep dasar dalam rancangan Rencana Induk Sistem Komunikasi Bencana,” ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho.

Dia menyebutkan, salah satu tujuan dokumen rencana induk ini adalah perwujudan kebijakan dan tata kelola sistem komunikasi bencana. Dokumen tersebut akan membantu pemangku kepentingan dalam menjamin pelayanan publik.

Yuswantoro
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6061 seconds (0.1#10.140)