Imam Besar Masjidil Haram Kagumi Istiqlal

Sabtu, 01 November 2014 - 13:19 WIB
Imam Besar Masjidil Haram Kagumi Istiqlal
Imam Besar Masjidil Haram Kagumi Istiqlal
A A A
JAKARTA - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) melaksanakan ibadah salat Jumat bersama Imam Besar Masjidil Haram Sheikh Abdurrahman As-Sudais di Masjid Istiqlal kemarin.

Sheikh Abdurrahman As- Sudais datang ke Indonesia sebagai tamu kenegaraan bagi Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan wakilnya JK. Seusai pertemuan di Istana Negara, JK bersama dengan Sheikh Abdurrahman As-Sudais melaksanakan ibadah salat Jumat tanpa ditemani oleh Jokowi. Jokowi memilih salat Jumat di sekitaran Istana Negara.

Sheikh Abdurrahman As-Sudais saat menuju Masjid Istiqlal mengenakan baju gamis berwana cokelat, sedangkan JK mengenakan kemeja berwarna hijau. Juru Bicara Wakil Presiden, Husein Abdullah mengatakan, setelah ibadah salat Jumat tersebut JK mengajak Sheikh Abdurrahman As-Sudais untuk berkeliling menyaksikan megahnya masjid Istiqlal. ”Dia kagum mendengar ada masjid sebesar ini di Indonesia. Bapak wakil Presiden memberi informasi rinci soal Istiqlal, termasuk luas kawasannya yang mencapai sembilan hektare,” ujar Husein di Jakarta kemarin.

Husein menambahkan, saat JK mengajak Sheikh Abdurrahman berkeliling Masjid Istiqlal tersebut, JK juga juga menyampaikan rasa bangganya lantaran Indonesia memiliki masjid terbesar di Asia Tenggara. ”Masjid Istiqlal bisa disebut sebagai mesjid ketiga terbesar setelah Masjidil Haram Makkah dan Nabawi di Madinah ,” ujarnya. Sementara itu, di sisi lain Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, mengatakan, Indonesia sebagai negara muslim terbesar di dunia wajib aktif dalam proses penyelesaian konflik di Timur Tengah.

”Indonesia sudah mengglobal. Globalisasi membuat kita hidup di wilayah dunia. Konflik di Timur Tengah tentu langsung maupun tak langsung membawa implikasi kehidupan di Tanah Air,” kata Lukman saat berbicara dalam seminar internasional bertema Konflik dan Proses Demokratisasi di Masjid Al Hikam milik mantan Ketua Umum PBNU Hasyim Muzadi, Beji, Kota Depok, Jawa Barat, kemarin.

Okezone/Sindonews
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4882 seconds (0.1#10.140)