Menteri Kabinet Jokowi Disarankan Pakai Mobil Sederhana

Rabu, 10 September 2014 - 07:05 WIB
Menteri Kabinet Jokowi Disarankan Pakai Mobil Sederhana
Menteri Kabinet Jokowi Disarankan Pakai Mobil Sederhana
A A A
JAKARTA - Kabinet Presiden terpilih Jokowi belum terbentuk, namun sudah diiming-imingi dengan fasilitas mewah. Sekretariat Negara (Setneg) sudah menyiapkan sebesar Rp104,4 miliar untuk pengadaan mobil bagi menteri dan pejabat negara lainnya.

Politikus PDIP Eva Kusuma Sundari mengatakan, kepemimpinan untuk transformasi harus menyeluruh termasuk nilai-nilai baru yang lebih baik dari sebelumnya.

"Pak Jokowi ingin kinerja yang bagus dan konkrit, tidak sibuk simbol-simbol. Ini keteladanan," ujarnya ketika dihubungi Sindonews, Rabu (10/9/2014).

Karena itu, ia tidak setuju jika menteri yang mengisi kabinet Jokowi nantinya diberikan fasilitas mobil mewah. Bahkan, ia mengusulkan para menteri baru tetap menggunakan mobil dinas menteri kabinet Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

"Saya setuju yang sederhana saja atau pakai saja yang sudah ada kalau masih bisa dipakai. Yang penting fungsional," ucap anggota Komisi III DPR ini.

Sebelumnya, Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Fitra) menyatakan pagu anggaran yang dialokasikan Sekretariat Negara (Setneg) untuk pengadaan mobil bagi menteri dan pejabat negara lainnya sebesar Rp104,4 miliar.

Direktur Investigasi dan Advokasi Fitra Ucok Sky Khadafi mengungkapkan, para menteri Jokowi-JK akan memiliki tunggangan cukup mewah.

Berdasarkan pengumuman nomor: Peng-03/PPBJ-PKMPSM/08/2014 tentang pemenang pelelangan umum pekerjaan pengadaan kendaraan menteri/pejabat setingkat menteri, kendaraan mantan presiden dan wakil presiden.

Dalam pengumuman itu disebutkan, pagu anggaran untuk pengadaan mobil tersebut sebesar Rp104,4 miliar dengan harga perkiraan sendiri senilai Rp101,1 miliar.

Pemenang lelang pengadaan mobil ini, sambung Ucok, adalah PT Mercedes-Benz Indonesia dengan nama presiden direkturnya Dr Claus Herbert Weidner. Harga total penawaran mobil ini sebesar Rp91.944.000.000.

"Mobil mana yang akan dipergunakan oleh para menterinya Jokowi ini? Perkiraan saya, mobil Mercedes-Benz yang akan digunakan menterinya Jokowi adalah harga mobil di atas Toyota Royal Saloon," ujar Ucok, Selasa (9/9/2014).

Adapun menteri kabinet SBY menggunakan Toyota Crown Royal Saloon tipe G. Saat itu, harga satu unit mobil berada dikisaran Rp1,2 miliar sampai dengan Rp1,3 miliar.

"Mobil yang akan dibeli itu di atas Toyota Crown Royal Saloon, yang kemungkinannya adalah mobil Mercedes-Benz tipe S 300 L dengan banderol sebesar Rp1,8 miliar," tuturnya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3908 seconds (0.1#10.140)