Ini Spesifikasi Mobil Mewah Menteri Jokowi

Selasa, 09 September 2014 - 16:42 WIB
Ini Spesifikasi Mobil Mewah Menteri Jokowi
Ini Spesifikasi Mobil Mewah Menteri Jokowi
A A A
JAKARTA - Para menteri di kabinet Joko Widodo (Jokowi)-Jusuf Kalla (JK) akan menggunakan mobil mewah Mercedes Benz S 300 L seharga Rp1,8 miliar.

Berdasarkan data yang dihimpun Sindonews, tipe ini termasuk NewGeneration S Class yang hadir dalam empat varian baru yakni S300L dengan rear seat entertaiment, S300L tanpa rear seat entertaiment, S350L serta S500L.

Keempat varian baru itu hadir dengan harga masing-masing 1,699 miliar, Rp1,599 miliar, Rp1,949 miliar dan Rp2,599 miliar untuk varian S Class tertinggi yakni S500L.

Tipe ini memiliki disain khusus mulai dari bumper depan yang diberi aksen krom hingga fog lamp atau lampu kabut dan roda terbaru.

Sebenarnya kehebatan mobil ini ada pada melimpahnya fitur-fitur canggih yang ternyata semua merupakan rakitan lokal.

Adapun fiturnya antara lain pendeteksi pedestrian, alat bantu melihat pada malam hari, kamera luar yang tersambung ke monitor, sampai telepon di kursi belakang.

Sebelumnya, peneliti Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Fitra) Ucok Sky Khadafi menyatakan pagu anggaran yang dialokasikan Sekretaris Negara (Setneg) untuk pengadaan mobil menteri dan pejabat negara lainnya Rp104,4 miliar.

Uchok menilai harga mobil untuk menteri Jokowi-JK itu terlalu mahal dan mewah.

Menurut dia, harga mobil menteri Jokowi juga lebih mahal dibandingkan dengan kendaraan mobil menteri kabinet Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, yakni Toyota Crown Royal Saloon tipe G.

Saat itu, harga satu unit mobil berada dikisaran Rp1,2 miliar sampai dengan Rp1,3 miliar.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8070 seconds (0.1#10.140)