Anggaran Pelantikan Legislator Baru Capai Rp18 M

Rabu, 03 September 2014 - 09:14 WIB
Anggaran Pelantikan Legislator Baru Capai Rp18 M
Anggaran Pelantikan Legislator Baru Capai Rp18 M
A A A
JAKARTA - KPU menganggarkan dana hingga Rp18 miliar untuk proses pelantikan anggota DPR/DPD 2014-2019 atau legislator baru.

Besarnya dana tersebut dialokasikan untuk mengakomodir segala kepentingan para wakil rakyat, baik dalam hal transportasi, akomodasi hingga konsumsi selama acara berlangsung.

“Yang jelas transportasi itu dari daerah asal ke Jakarta," ujar Komisioner KPU Arief Budiman saat ditemui di kantornya, Jalan Imam Bonjol, Jakarta, Selasa 2 September 2014.

"Kalau yang dekat, tentu transportasinya nanti menggunakan mobil, kereta. Sementara yang jauh ada yang menggunakan pesawat,” imbuhnya

Menurut Arief, total KPU menyiapkan dana hingga Rp18 Miliar untuk menyelenggarakan rangkaian acara yang berlangsung selama lima hari tersebut.

Anggaran sendiri didapat dari Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) 2014. “Saya tidak hafal persisnya, tapi Intinya sangat sedikit kalau dipresentase dari DIPA yang kita punya,” ucap Arief.

Meski begitu Arief menegaskan bahwa pada prinsipnya KPU akan berupaya semaksimal mungkin agar biaya yang dikeluarkan pada pelaksanaan proses pelantikan ini tidak sebanyak apa yang telah direncanakan.

Untuk itu pihaknya meminta jajarannya untuk bisa melihat dan menakar mana saja yang dianggap efektif untuk dilakukan dan mana yang sekiranya bisa dipadatkan.

“Pokoknya saya pesankan kepada kawan-kawan agar apa saja yang bisa diefisienkan harus diefisienkan. Misalnya kalau tidak perlu lima hari maka kita akan kurangi menjadi empat hari. Jadi kita mampatkan semuanya,” lugasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.0459 seconds (0.1#10.140)