Perahu Baja Berlabuh di Danau UI

Minggu, 24 Agustus 2014 - 19:35 WIB
Perahu Baja Berlabuh di Danau UI
Perahu Baja Berlabuh di Danau UI
A A A
JAKARTA - Pemandangan berbeda terlihat di pinggir danau sekitar Gedung Perpustakaan Universitas Indonesia (UI) di Kota Depok.

Sebuah perahu berwarna putih terlihat berlabuh di pinggir danau. Pemandangan itu menarik perhatian bagi pengunjung perpustakaan.

Tahukah Anda, ternyata perahu itu merupakan hasil karya dosen dan mahasiswa, serta alumni Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI).

Salah satu yang istimewa dari kapal itu adalah bagian dasarnya dibuat dari baja.
Tidak hanya itu, perahu penumpang berkapasitas 28 orang dengan panjang 12,5 meter dan lebar 2,4 meter itu merupakan jenis terbaru di Indonesia.

"Umumnya perahu itu pada dasar perahunya atau lambung kapal terbuat dari fiber. Namun kami membuat inovasi baru dengan pelat baja. Hak patennya sedang diajukan. Bulan depan Menristek Gusti Muhammad Hatta meresmikan perahu itu," kata alumni Fakultas Teknik Perkapalan UI yang juga pendiri Juragan Kapal, Ruska di Kampus UI, Kota Depok, Minggu (24/08/2014).

Ruska mengatakan pelat baja di perahu itu mampu bertahan hingga 25 tahun dari karat atau korosi. Sebab pelat baja itu dicat dengan cat primer antikarat. "Terpenting adalah perawatan perahu itu, sehingga dapat bertahan lama," tandasnya.

Menurut Ruska, pembuatan perahu itu sebagai sumbangsih memperingati HUT FT Ke-50. Untuk itu para mahasiswa, dosen dan alumni Teknik Perkapalan membuat perahu tersebut pada Maret 2014.

Dia mengatakan, pengerjaan perahu itu memakan waktu tiga bulan. "Perahu itu dilengkapi fitur perahu penumpang pada umumnya. Kemarin kami pasang AC. Perahu itu ditaruh di danau UI sekalian untuk merawat danau UI, tidak menutup kemungkinan nantinya menjadi fasilitas ekowisata," tuturnya.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6525 seconds (0.1#10.140)