Prabowo-Hatta Harus Fokus Hadirkan Bukti

Minggu, 10 Agustus 2014 - 17:28 WIB
Prabowo-Hatta Harus...
Prabowo-Hatta Harus Fokus Hadirkan Bukti
A A A
JAKARTA - Tim Advokasi Prabowo-Hatta harus tetap fokus menghadirkan bukti-bukti kecurangan yang disebut dilakukan secara terstruktur, sistematis, dan masif.

Menghadirkan bukti-bukti kecurangan, berupa data dan dokumen formulir C1, merupakan perjuangan paling nyata yang bisa dilakukan oleh Tim Advokasi Prabowo-Hatta dibanding memperhatikan pembongkaran kotak suara oleh KPU.

"Misalnya C1 untuk menjelaskan suara Prabowo yang hilang dan suara yang semestinya diperoleh berdasarkan data yang dimiliki," ujar Pengamat politik Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Pangi Syarwi Chaniago kepada Sindonews, Jakarta, Minggu (10/8/2014).

Pangi menyarankan kuasa hukum Prabowo-Hatta tetap menjadikan data temuan seperti form C1 dan dokumen berjenjang lainnya sebagai data valid. Sementara kesaksian dari para saksi lebih bersifat data yang mendukung.

"Jadi harusnya langsung saja dengan bukti tertulis yang lebih konkret, sehingga gugatan ini tak bertele-tele," ungkapnya.

Pangi meyakini, tuduhan kubu Prabowo-Hatta terkait tindakan "kecurangan' pemilu yang terstruktur, sistematis dan masif, tetap relevan selama MK belum mengetuk palu. Dengan syarat, kuasa hukum Koalisi Merah Putih mampu menghadirkan data dan bukti yang akurat serta dalil hukum yang kuat.
(hyk)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4160 seconds (0.1#10.140)