Hatta Tanya Soal Kalpataru, Jokowi Jawab Perlu Ditambah Insentif

Sabtu, 05 Juli 2014 - 23:09 WIB
Hatta Tanya Soal Kalpataru, Jokowi Jawab Perlu Ditambah Insentif
Hatta Tanya Soal Kalpataru, Jokowi Jawab Perlu Ditambah Insentif
A A A
JAKARTA - Capres Joko Widodo dan cawapres Hatta Rajasa berdebat alot soal penghargaan terhadap penjagaan lingkungan hidup.

Perdebatan ini berlangsung di segmen tanya jawab antar capre-cawapres dalam debat capres yang digelar di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Sabtu (5/7/2014).

Debat diawali dari pertanyaan Hatta, "Kita ingin hidup suasana bersih, hijau dan sehat. Salah satu penghargaan tertinggi adalah Kalpataru. Banyak kota menginginkan itu, seberapa jauh pandangan Pak Jokowi dan upaya mencapai itu?"

Dalam jawabannya, Jokowi mengatakan penghargaan tersebut memang sangat baik. Namun akan sangat baik jika tidak hanya pemberian penghargaan saja.

"Tetapi juga insentif anggaran. Sehingga mereka bisa mengembangkan apa yang telah mereka capai lebih berkembang lagi. Kalau diberikan insentif mereka akan lebih baik lagi memperbaiki lingkungan," jelasnya.

Hatta yang tidak puas dengan jawaban Jokowi, mencoba meluruskan pentingnya penghargaan dari penjagaan lingkungan hidup. Hatta pun menyinggung Kota Solo yang tidak mendapatkan penghargaan bergengsi di bidang lingkungan hidup tersebut.

Namun pertanyaan itu dijawab JK. "Saya menanggapi sederhana. Bapak keliru, kalau kota bukan Kalpatura tetapi Adipura," katanya.

Mengenai Solo, Jokowi menambahkan, kota yang pernah dipimpinnya itu juga pernah mendapatkan penghargaan di bidang lingkungan. "Kota Solo pernah mendapat green city dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan," katanya.
(hyk)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9513 seconds (0.1#10.140)