Hatta Rajasa Mendominasi Debat

Senin, 30 Juni 2014 - 10:37 WIB
Hatta Rajasa Mendominasi Debat
Hatta Rajasa Mendominasi Debat
A A A
JAKARTA - Calon wakil presiden dari Koalisi Merah Putih Hatta Rajasa dinilai mampu memutar balikkan prediksi banyak pihak yang memperkirakan akan didikte Jusuf Kalla dalam debat calon wakil presiden keempat yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU), Minggu 29 Juni 2014 malam.

Hal tersebut seperti disampaikan Pengamat Komunikasi Politik Universitas Paramadina, Hendri Satrio kepada Sindonews melalui surat elektronik, Senin (30/6/2014). Menurut dia, sepanjang sesi debat kandidat semalam, Hatta mampu mendominasi irama debat dan mengungguli Jusuf Kalla (JK) hampir di semua sesi.

"Dalam debat ke empat ini, Jusuf Kalla gagal menunjukkan kegemilangannya saat debat pertama. Jusuf Kalla banyak terjebak nostalgia cerita lama saat dirinya menjadi Wakil Presiden SBY dan kurang maksimal menyampaikan visi-misi nya kelak bila terpilih menjadi Wapres Joko Widodo," tutur Hendri.

Sementara itu, kata dia, Hatta mampu menegaskan dan memperbaiki penjelasan visimisi yang diutarakan Prabowo pada debat sebelumnya.

"Secara Konten, keduanya menyampaikan materi yang berbobot. Pandangan Hatta tentang inovasi teknologi dan kewirausahaan untuk mengatasi bonus demografi sangat tepat. Jusuf Kalla juga cukup mampu menjelaskan tentang maksud revolusi mental yang sering didengungkan," tuturnya.

Menurut Hendri, debat dua mantan bintang pada kabinet SBY ini sangat menarik dibanding debat sebelumnya karena sarat konten strategis dan implementatif secara bersamaan.

Kendati begitu, dia memberikan catatan kritis bagi penyelenggara, agar pada debat kandidat berikutnya ditunjuk moderator yang lebih ahli di bidangnya. "Catatan untuk KPU adalah untuk mempersiapkan moderator lebih advance untuk hal teknis debat karena kerap melakukan blunder yang nyaris merugikan salah satu pasangan," ungkap Hendri.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6391 seconds (0.1#10.140)