Tim Prabowo-Hatta Kawal Hasil DPT Pilpres

Jum'at, 13 Juni 2014 - 18:45 WIB
Tim Prabowo-Hatta Kawal...
Tim Prabowo-Hatta Kawal Hasil DPT Pilpres
A A A
JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) resmi menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014 sebesar 190.307.134 juta pemilih. Dari jumlah itu DPT Pilpres mengalami penambahan sebesar 2.973.279 suara.

Tim pemenangan pasangan Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa mengaku menerima DPT pilpres tersebut. Namun, pihaknya akan mengawal ketat hasil penetapan DPT itu.

"Bahwa ada perubahan-perubahan yang dilakukan oleh KPUD, itu tidak dilaksanakan secara terbuka seperti yang disampaikan Bawaslu," ujar perwakilan tim pemenangan Prabowo-Hatta, Sukmo Harsono, di Gedung KPU, Jakarta, Jumat (13/6/2014).

Dia mengungkapkan, berangkat dari penelusuran dan pengawasan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), jumlah pemilih meningkat di tingkat kabupaten atau kota.

Oleh sebab itu, fokus tim Prabowo-Hatta bakal mengawasi DPT tersebut disana. Apalagi, tambah dia, ketentuan pemenang pemilu presiden mensyaratkan perolehan suara sebesar 50 persen plus 1 atau berdasarkan sebaran 20 persen jumlah suara di separuh provinsi.

"Karena itu, kami mengkaji benar kenaikan DPT di provinsi-provinsi tertentu dan kabupaten tertentu, apakah sudah dilakukan sebenar-benarnya," ungkapnya.

Disamping itu, dia menyatakan, salinan DPT yang diperoleh dari KPU akan dijadikan pembanding dengan DPT yang dimiliki pasangan Prabowo-Hatta. Cara tersebut untuk mengkroscek apakah penambahan itu terjadi secara signifikan atau tidak guna mengantisipasi kebenaran data saat pemungutan suara 9 Juli nanti.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1581 seconds (0.1#10.140)