Anggota Kodim 0710 Pekalongan Tegaskan Netral di Pilpres

Senin, 09 Juni 2014 - 10:06 WIB
Anggota Kodim 0710 Pekalongan Tegaskan Netral di Pilpres
Anggota Kodim 0710 Pekalongan Tegaskan Netral di Pilpres
A A A
PEKALONGAN - Di tengah tuduhan sebagian kalangan bahwa TNI tidak netral dalam Pilpres 2014, Komando Distrik Militer (Kodim) 0710 Pekalongan, Jawa Tengah membuat penegasan kepada masyarakat bahwa seluruh jajaran TNI netral dalam pesta demokrasi untuk memilih presiden dan wakil presiden.

Senin (9/6/2014) pagi ini, Kodim Pekalongan menggelar apel khusus yang dihadiri seluruh anggota dari Kota dan Kabupaten Pekalongan. Acara ini diisi dengan membacakan pernyataan sikap seluruh anggota TNI di daerah ini tetap netral. Dan, jika sampai melanggar bersedia diberikan sanksi.

Komandan Kodim 0710 Pekalongan Letkol Wahyu Eko Purnomo mengatakan, apel dan pernyataan sikap ini sebagai upaya untuk memastikan lagi kepada masyarakat bahwa TNI tidak berpihak dalam politik dan juga dalam Pilpres 2014

"Kita menggelar acara ini sebagai upaya untuk kembali menegaskan sikap netral TNI dalam politik, seperti pemilihan legislatif dan Pilpres 2014 ini. Anggota TNI tidak diperbolehkan melakukan kampanye, dukungan, penekanan, dan upaya memenangkan salah satu pasangan capres-cawapres. Jika ada anggota TNI sampai terlibat dalam aksi dukung-mendukung, maka akan dikenai sanksi sesuai hukum yang berlaku," jelasnya .

Selain membacakan ikrar untuk netral, ratusan prajurit yang dimotori komandan kodim juga membuat surat pernyataan bermaterai. Wahyu Eko menambahkan, pihaknya hingga kini juga telah mempersiapkan diri untuk turut menyukseskan pilpres dan akan menjaga daerah-daerah rawan konflik atau kerusuhan. Penempatan anggota akan dilakukan menjelang pelaksanaan pencoblosan pilpres mendatang.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7933 seconds (0.1#10.140)