Kenakalan elite partai bikin Demokrat jeblok di Jatim

Kamis, 24 April 2014 - 14:58 WIB
Kenakalan elite partai bikin Demokrat jeblok di Jatim
Kenakalan elite partai bikin Demokrat jeblok di Jatim
A A A
Sindonews.com - Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Timur Soekarwo akan melakukan evaluasi besar-besaran terkait jebloknya perolehan Pemilu Legislatif (Pileg) 2014. Sebagaimana diketahui, posisi Partai Demokrat sebagai pemenang di Jatim digeser oleh PDIP dan PKB.

"Saya sebagai Ketua DPD Partai Demokrat sangat berterima kasih terhadap capaian suara pileg sekarang. Meski turun, masih ada kepercayaan di masyarakat untuk Partai Demokrat," kata Soekarwo, Kamis (24/4/2014).

Jebloknya suara partai yang dipimpin oleh Susilo Bambang Yudhoyono ini, menurut Soekarwo, tidak lepas dari terpaan gelombang tsunami korupsi yang menjerat elite partai. Bahkan, sebelum pileg sudah diprediksi suara Partai Demokrat akan turun.

Namun demikian, pria yang menjabat Gubernur Jawa Timur untuk kedua kalinya ini, meminta agar kader dan pengurus tidak perlu marah dan emosi. Tentunya harus lapang dada dan menjadikan momentum ini bagian dari kritik untuk membangun Partai Demokrat.

Koreksi masyarakat yang serius terhadap partai ini terutama di bidang korupsi. "Koreksi ini yang harus diterima sebab persepsi masyarakat itu korupsi penyakit yang harus diberantas dengan serius," kata pria berkumis tebal yang kerap dipanggil Pakde Karwo ini.

Karena itu, kedepan harus diperbaiki. Salah satunya adalah kaderisasi juga harus sesuai dengan sasaran. Termasuk menciptakan kader-kader militan dan memiliki nasionalisme sejati untuk Partai Demokrat dan Negara Indonesia.

"Jika ditanya, apakah puas dengan capaian suara pileg di Jatim? Ini bukan persoalan puas dan tidak puas, melainkan ini soal persepsi masyarakat terhadap partai," pungkasnya.

Sebagaimana diketahui, suara Partai Demokrat di Jawa Timur jeblok. Data real count yang dihimpun menyebut, PKB meraup 19,2 persen, PDIP 18,5 persen, Partai Gerindra 15 persen, Partai Demokrat 13 persen dan Golkar 10 persen. Data tersebut mirip dengan Pilkada Jatim yang menyebut perolehan PKB 19,82 persen, PDIP 18,77 Persen, Partai Demokrat 11,61 Persen, Partai Gerindra 11,26 Persen dan Golkar 10,92 Persen.
(hyk)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6773 seconds (0.1#10.140)