Hari ini mahasiswa asing wajib berbahasa Indonesia

Kamis, 17 April 2014 - 14:44 WIB
Hari ini mahasiswa asing wajib berbahasa Indonesia
Hari ini mahasiswa asing wajib berbahasa Indonesia
A A A
Sindonews.com - Mahasiswa Universitas Indonesia (UI) dari berbagai dunia tampak antusias mengikuti acara Hari Berbahasa Indonesia (HBI) di Kampus UI, Depok pada hari ini.

Acara tersebut berisi lomba pidato, presentasi kain daerah dan bernyanyi. Uniknya dalam acara itu, seluruh mahasiswa tersebut wajib berbicara dalam bahasa Indonesia. Para mahasiswa peserta acara ini di antaranya berasal dari Jepang, Korea Selatan, China, Perancis.

Program BIPA di Fakultas Ilmu Budaya (FIB) UI merupakan pendidikan berbahasa Indonesia bagi mahasiswa asing agar mampu bertutur maupun menulis menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Program BIPA menyediakan tiga level pendidikan yaitu elementary level, intermediate level dan advance level. "Ketiga level itu melatih kompetisi untuk melakukan percakapan formal dan informal. Saat ini ada sekitar 300 mahasiswa BIPA dari Korea, Jepang, China, Perancis, Australia dan negara Eropa," kata Kepala Kantor Komunikasi UI, Farida Haryoko, Kamis (17/4/2014).

Kegiatan ini juga bertujuan meningkatkan motivasi pelajar asing untuk lebih mengenal Indonesia. "UI sebagai institusi pendidikan dapat menjalankan peran untuk menyebarluaskan bahasa Indonesia serta memperkenalkan budaya Indonesia ke dunia internasional," ujarnya.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3654 seconds (0.1#10.140)