UN akan memakai 160 varian soal

Senin, 24 Februari 2014 - 03:07 WIB
UN akan memakai 160...
UN akan memakai 160 varian soal
A A A
Sindonews.com - Mulai tahun ini siswa akan menerima 160 varian soal di Ujian Nasional (UN). Varian soal selalu ditambah untuk mengatasi siswa mencontek di kelas.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) M Nuh mengatakan, pada UN tahun ini, ada delapan regional yang akan mencetak dan mendistribusikan naskah UN.

Per satu regional akan memiliki 20 varian soal yang berbeda. Oleh karena itu pada UN nanti aka nada 160 varian soal yang akan dikerjakan siswa. "Jadi siswa akan lebih khusyuk untuk mengerjakan soal sendiri-sendiri. Sehingga hasil yang diharapkan akan maksimal," kata M Nuh di Gedung Kemendikbud, Jakarta, Minggu 23 Februari 2014.

Dia menjelaskan, hingga saat ini proses persiapan UN telah memasuki masa visitasi ke perusahaan yang mengajukan tender pencetakan naskah UN. Harapannya, terang mantan Rektor ITS tersebut, hari ini Senin (24/2/2014) master soal sudah bisa diserahkan kepada para pemenang tender.

Dia pun mengharapkan, tidak ada masa sanggah, sehingga naskah UN sudah bisa dicetak. Pemerintah pun memperbaiki kertas naskah dan lembar jawaban ujian yang tahun kemarin rentan rusak.

Jika tahun lalu kertas yang digunakan untuk lembar jawaban ujian adalah 80 gram maka UN kali ini meningkat menjadi 100 gram. Lembar soal dan lembar jawaban ujian, kata dia, juga memiliki kode bar yang sama. "Artinya, kalau saya dapat lembar ujian dengan kode bar A dan soal kode bar B, maka tidak akan cocok dan akan jadi masalah," ucapnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3095 seconds (0.1#10.140)