Apa alasan orang melakukan plagiat?

Selasa, 18 Februari 2014 - 18:52 WIB
Apa alasan orang melakukan plagiat?
Apa alasan orang melakukan plagiat?
A A A
Sindonews.com - Di kalangan akademisi, menjiplak atau melakukan plagiat dalam membuat karya ilmiah merupakan pelanggaran berat. Tidak jarang orang yang memiliki status akademis tinggi harus rela kehilangan karirnya karena ketahuan melakukan perbuatan tersebut.

Fenomena plagiarisme di kalangan akademis dinilai memperihatinkan karena membuktikan masih adanya sikap tidak menghargai suatu karya orang lain. Sebenarya apa yang melandasi seorang akademisi melakukan plagiat?

Guru Besar Universitas Parahyangan Bandung Asep Warlan Yusuf berpendapat ada beberapa faktor yang melandasi orang melakukan plagiat, antara lain ingin mendapatkan pengakuan dari publik. "Ada juga yang ingin naik pangkat," kata Asep kepada Sindonews, Senin 17 Februari lalu.

Asep menilai plagiarisme atau mengklaim karya orang lain dengan seolah-olah menjadi karya sendiri merupakan pelanggaran serius dalam dunia akademisi. Seharusnya penulis karya ilmiah secara fair menyebutkan sumber tulisan, jika memang mengutip karya orang lain.

Menurut dia, mengutip pendapat atau karya ilmiah orang lain dengan menyebutkan sumbernya bukan sesuatu yang merendahkan diri.

Terkait kabar tentang tuduhan plagiat artikel di media massa oleh dosen Universitas Gadjah Mada Anggito (UGM) Abimanyu, Asep tidak percaya Direktur Jenderal Haji dan Umroh Kementerian Agama itu melakukan perbuatan tersebut. "Saya berharap (kabar) itu keliru atau tidak benar. Anggito dikenal memiliki kredibitas dan reputasi yang baik," katanya.

Berita:
Publik jangan menghakimi Anggito
Soal Anggito, Mahfud contohkan Menhan Jerman
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3192 seconds (0.1#10.140)