Belum terakreditasi, sekolah wajib numpang UN

Senin, 03 Februari 2014 - 00:38 WIB
Belum terakreditasi, sekolah wajib numpang UN
Belum terakreditasi, sekolah wajib numpang UN
A A A
Sindonews.com - Sekolah yang belum terakreditasi terpaksa menumpang di sekolah lain saat ujian nasional (UN) berlangsung. Menyusul masih terkendalanya proses akreditasi di Badan Akreditasi Nasional.

Dirjen Pendidikan Dasar (Dikdas) Kemendikbud Hamid Muhammad mengatakan, kebijakan ini berlaku bagi sekolah negeri ataupun sekolah swasta di seluruh tanah air, hingga seluruh sekolah sudah terakreditasi semua.

Dirjen Pendidikan Menengah (Dikmen) Kemendikbud Achmad Jazidie pun menerangkan hal yang sama. Siswa akan dikirim ke sekolah yang terdekat agar dapat mengikuti UN. Pemerintah akan mendata sekolah mana yang belum terakreditasi dan mendata kesiapan sekolah yang akan ditumpangi.

“Kita akan lihat per kasusnya. Bila diperlukan akan diikutkan ke sekolah terdekat,” katanya kepada Koran SINDO, Minggu (2/2/2014).

Sementara Dirjen Pembinaan SMA Ditjen Dikmen Kemendikbud Harris Iskandar menjelaskan, berdasarkan informasi dari Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN S/M) tahun ini sekolah yang belum terakreditasi masih dapat mengikuti ujian.

Pasalnya, BAN S/M sendiri memberi perpanjangan waktu sampai dua tahun ke depan agar sekolah itu dapat diproses akreditasinya.

“Bagi sekolah yang masa akreditasinya sudah habis diimbau untuk segera mengajukan perpanjangan akreditasi ke badan akreditasi provinsi. Namun bagi sekolah yang belum terakreditasi agar nanti bergabung ke sekolah yang sudah terakreditasi di daerahnya masing-masing,” ujar mantan Sesditjen Dikti Kemendikbud ini.
(hyk)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3595 seconds (0.1#10.140)