Fun lyrics, cara asyik belajar bahasa Inggris

Senin, 06 Januari 2014 - 00:00 WIB
Fun lyrics, cara asyik belajar bahasa Inggris
Fun lyrics, cara asyik belajar bahasa Inggris
A A A
Sindonews.com - Perkembangan teknologi yang pesat ternyata tidak disia-siakan oleh mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Nova Suparmanto.

Mengikuti jejak para akademisi lainnya yang mencoba membuat aplikasi pembelajaran berbasis sistem operasi android, Nova pun mencoba mengembangkan media pembelajaran Bahasa Inggris melalui smartphone.

Aplikasi dengan nama fun lyrics ini mengajak para siswa utamanya sekolah dasar untuk mempelajari bahasa Inggris dengan cara yang menyenangkan. Nova menjelaskan, latar belakang pengembangan aplikasi tersebut karena belum optimalnya penggunaan lagu sebagai media pembelajaran bahasa Inggris.

"Selama ini lagu hanya berperan sebagai media hiburan atau pun sekadar selingan pada proses pembelajaran," kata Nova di Yogyakarta, Minggu 5 Januari 2014.

"Padahal, karena menjadi sebuah media hiburan, pembelajaran melalui lagu akan lebih mudah distimulasi oleh otak kita. Dan aplikasi ini saya buat, terutama untuk siswa kelas 4 hingga 6 sebagai pembelajaran awal menuju SMP," imbuhnya.

Menurut Nova, ritme serta lirik pada lagu dapat membantu para siswa mengingat kata-kata lebih baik serta dapat memahami pesan lagu lebih dalam dan mengingatnya dalam jangka waktu yang lebih lama.

Menurutnya, keuntungan penggunaan aplikasi tersebut yakni juga membantu siswa memahami vocabulary secara efektif. Dengan menyanyikan lagu, juga dapat membantu mengembangkan pronunciation dengan intonasi yang alami.

"Bila digunakan dengan maksimal, lagu memiliki manfaat yang besar untuk pembelajaran bahasa Inggris terutama diusia dini. Apalagi di Indonesia penggunaan smartphone berbasis android bukanlah suatu yang asing lagi, sehingga kombinasi lagu dengan sistem android, layak dijadikan pendamping buku konvensional sebagai media pembelajaran," ungkapnya.

Mahasiswa yang pernah meraih emas dalam Pekan Ilmiah Nasional (PIMNAS) ke-26 ini menjelaskan, dengan aplikasi tersebut pengguna dapat memainkan musik baik dari format mp3 maupun video.

Pengguna juga dapat menghapus lagu, mengunduh lagu, memainkan quiz, mencari kata dalam dictionary, melihat halaman Informasi dan mencari bantuan. "Meski masih dalam tahap pengembangan, saya pastikan aplikasi ini memiliki kelebihan tersendiri yakni konten lagu yang ada di dalamnya bersifat dinamis," ucapnya.

"Pengguna bisa menambahkan atau mengurangi jumlah lagu dengan mengunduh lagu baru dari server yang telah disediakan di internet. Selain itu, adanya sistem evaluasi berupa halaman quiz yang dapat ditampilan secara acak sehingga tidak membosankan," tambahnya.

Pengoperasian aplikasi inipun menurut Nova cukup mudah. Setelah masuk di halaman utama dan memilih lagu yang sudah disediakan, pengguna tinggal menekan tombol play video. Setelah itu akan muncul videonya jika telah tersedia dalam lagu tersebut.

Dengan menekan tombol play music atau play video maka selanjutnya aplikasi ini akan membuka halaman baru untuk memainkan lagu yang dipilih. “Tak hanya dari sisi listening, pembelajaran reading juga diasah dengan tersedianya tulisan lirik bahasa Indonesia dan bahasa Inggris yang beriringan muncul saat lagu sedang dimainkan," jelasnya.

"Untuk musik dan lagu yang sudah disediakan dalam fun lyrics sendiri memang terbatas pada lagu-lagu bergenre anak (pop), baik lagu Indonesia yang terjemahkan ke bahasa Inggris maupun lagu yang memang berbahasa Inggris," imbuhnya.

Ke depan, Nova berharap, ia mampu meningkatkan publikasi aplikasi fun lyric lewat google play sehingga banyak guru yang dapat memanfaatkan aplikasi ini untuk membantu mengajarkan bahasa Inggris.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5705 seconds (0.1#10.140)