Ato, terduga teroris Poso ditangkap

Senin, 30 Desember 2013 - 19:32 WIB
Ato, terduga teroris Poso ditangkap
Ato, terduga teroris Poso ditangkap
A A A
Sindonews.com - Ato Margono, salah seorang buronan yang masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) terduga teroris berhasil dibekuk Densus 88 Antiteror. Ato kerap melakukan aksi teror di sejumlah wilayah di Poso.

"Hari ini, pukul 10.00 Wita, telah ditangkap seorang tersangka teror, DPO jaringan Santoso atas nama Ato Margono yang ditangkap di pasar Sentral, Poso," ungkap Karo Penmas Mabes Polri, Brigjen Pol Boy Rafli Amar di Kantor Divisi Humas Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Senin (30/12/2013).

Dari penyelidikan pihak kepolisian Ato Margono berperan sebagai kurir logistik dalam misi terornya. Seperti dalam kasus bom bunuh diri di Mapolres Poso, Ato berperan sebagai pengantar.

Selain itu, Ato diduga kuat juga pernah melakukan pembunuhan terhadap salah seorang warga bernama Noldi dengan cara menembak.

"Dia (Ato) juga pernah terlibat bom di garasi mobil warga, dia sebagai pelakunya. Kemudian dia juga melakukan aktivitas curanmor untuk Fa'i," terang Boy.

Ato juga dikenal pengumpul dana yang dipungut dari desa ke desa unguk mendanai aktivitas terorisme.

"Pelatihan-pelatihan di Poso, Ato ini juga terlibat," ujar Boy.

Dengan demikian, kini sudah ada 12 orang teroris yang berasal dari kelompok Santoso dan telah berhasil diamankan oleh Polri.

"Tapi jaringannya terus berkembang, masih di monitor terus sampai sekarang. Termasuk peristiwa teror di Poso. Kita terus usut dan memaksimalkan penyelidikan, yang terlibat harus dilakukan upaya penegakan hukum," imbuh jenderal bintang satu ini.

"Jadi sebelumnya sudah ditangkap atas nama Jundi, sudah ditangkap Minggu kemarin, sudah kita ekspos juga. Jadi Jundi dan Ato Margono ini satu kelompok yang merupakan kelompok Santoso," tambahnya.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5294 seconds (0.1#10.140)