Malam Natal, pengamanan 16 gereja di Solo diperketat

Selasa, 24 Desember 2013 - 08:52 WIB
Malam Natal, pengamanan...
Malam Natal, pengamanan 16 gereja di Solo diperketat
A A A
Sindonews.com - Jelang Malam Natal, pengamanan juga terus diintensifkan di wilayah Solo. Fokus pengamanan kepolisian dilakukan terhadap 16 gereja yang ada di kota ini.

Kapolresta Solo AKBP Iriansyah mengatakan, dari 148 gereja yang tersebar di Solo, pihaknya sudah melakukan pemetaan sebanyak 16 gereja yang akan mendapat pengamanan selama perayaan Natal dan Tahun Baru 2014.

Dari jumlah tersebut dikerucutkan terdapat enam gereja yang mendapat pengamanan ekstra ketat dan mendapat pengamanan dan perhatian khusus, terutama gereja yang memiliki jemaat banyak. Selama berlangsungnya Misa Natal, selain dijaga ketat aparat Kepolisian, sejumlah aparat TNI juga dilibatkan.

"Solo saat ini terdapat 148 gereja untuk umat Katolik dan Protestan. Dari jumlah tersebut kepolisian telah melakukan pemetaan keamanan dan ditentukan terdapat 16 gereja yang harus mendapatkan perlakuan khusus, lebih ketat dibanding gereja-gereja lainnya," terangnya usai gelar Pasukan Operasi Lilin Candi di Kota Barat, Senin 23 Desember 2013.

Enam Gereja yang mendapat pengamanan ekstra ketat antara lain Gereja Katholik St Petrus Gendengan, Gereja Katholik St Antonius Purbayan, GK Manahan, GKJ Margoyudan, Gereja El Shadday dan Gereja Katholik Maria Regina Purbowardayan.

"Personel yang terlibat Operasi Lilin Candi di Kota Surakarta sebanyak 1.400 personel gabungan dari polisi, TNI, Ormas, dan Linmas yang akan bertugas di lima pos utama, gereja, dan sejumlah titik keramaian kota," jelasnya.

Komandan Kodim 0735/ Surakarta, Letkol Inf Sumirating Baskoro mengatakan selain mengerahkan empat SSK atau setara 400 personel, pihaknya juga akan menempatkan dua kendaraan panser dari Kodam IV/Diponegoro.

"Kita siap membantu Polri dalam mengamankan perayaan natal. Selain personel, dua buah panser yang dikerahkan dari Kodam IV/Diponegoro akan kita tempatkan,” ungkapnya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1162 seconds (0.1#10.140)