SNMPTN 2014 tetap gratis

Kamis, 12 Desember 2013 - 08:59 WIB
SNMPTN 2014 tetap gratis
SNMPTN 2014 tetap gratis
A A A
Sindonews.com - Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2014 akan tetap gratis, untuk memberi kesempatan yang sama kepada lulusan SMA/SMK dalam melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Dikutip laman setkab.go.id, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh mengatakan, pemerintah akan menanggung semua pembiayaan pendaftaran PTN melalui jalur SNMPTN.

"Urusan diterima dan tidak diterima itu ada aspek yang lain, paling tidak kita harus membuka kesempatan yang sama. Prinsip kesamaan dalam kesempatan yang sama yang harus kita pegang," tegasnya saat peluncuran SNMPTN 2014 di Hotel Grand Preanger, Bandung, Jawa Barat, 11 Desember 2013 kemarin.

Nuh mengatakan, setiap tahun jumlah lulusan SMA/SMK mencapai 2 juta orang. Tidak dibedakan berdasarkan kelas ekonomi untuk dapat diterima di PTN. "Kaya, miskin semua sama. Punya kesempatan yang sama," katanya.

SNMPTN merupakan seleksi non-tertulis dalam pola penerimaan mahasiswa baru PTN. Seleksi dilakukan berdasarkan prestasi akademik siswa berupa nilai rapor, hasil ujian nasional (UN), dan prestasi lain. Data-data yang diperlukan dalam pendaftaran SNMPTN dimasukkan sekolah secara daring melalui Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). PDSS merupakan basis data yang berisikan rekam jejak sekolah dan prestasi akademik siswanya.

SNMPTN 2014 akan diikuti siswa lulusan SMA/SMK yang berasal dari 14 ribu sekolah di seluruh tanah air. Mereka akan bersaing memperebutkan kursi di 63 PTN dengan total daya tampung sebesar 150 ribu mahasiswa.

Daftar SNMPTN bisa dilakukan di Kantor Pos
(lal)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5390 seconds (0.1#10.140)