Soal pernyataan rasis, Syarief Hasan bela Ruhut

Senin, 09 Desember 2013 - 18:47 WIB
Soal pernyataan rasis,...
Soal pernyataan rasis, Syarief Hasan bela Ruhut
A A A
Sindonews.com - Ketua Harian Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat, Syarief Hasan, ikut angkat bicara mengenai polemik pernyataan yang bernuansa rasis anggota Komisi III DPR RI Ruhut Sitompul kepada pengamat politik Universitas Indonesia (UI) Boni Hargens.

Menurutnya, ada kesalahan informasi yang dicerna Boni Hargens terhadap pernyataan Ruhut Sitompul.
"Katanya itu salah informasi. Maksudnya itu kan, saya tak ingat, tak lihat (peristiwa) waktu itu, persepsinya itu pengamat yang tidak objektif maksudnya, yang tidak independen maksudnya. Jadi bukan maksudnya kepada warna kulit ya. Saya pikir itu," ujar Menteri Negara Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) ini di halaman Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin (9/12/2013).

Dia pun mengatakan, partainya tak perlu memanggil Ruhut terkait polemik tersebut. "Ah tak perlu lah. Ya kan," ungkapnya.

Sekadar informasi, insiden itu diketahui bermula pada acara talk show di salah satu media televisi nasional, 5 Desember 2013 lalu. Ruhut Sitompul melemparkan ejekan kepada Boni Hargens ikhwal warna kulit.

"Aku mau tanya? Lumpur Lapindo itu warnanya apa? Hitam kan! Ya sudah, itu Boni Hargens itu kulitnya hitam kan! Belum lagi yang lain-lain, banyak kok," sebut Ruhut saat acara dialog tersebut.

Saat itu, dialog tersebut sedang membahas Bu Pur dalam kasus Hambalang dan kaitannya dengan Istana. Hadir Ruhut Sitompul dan Boni Hargens sebagai narasumber di studio televisi itu.

Ruhut tampak emosional dan cenderung lost control. Lalu melontarkan pernyataan rasis yang ditujukan kepada Boni. Tak terima dengan ancaman bernada rasisme, Boni pun merasa kecewa dengan melaporkan Ruhut ke Polda dan mendeklarasikan perlawanan antidiskriminasi.‬

Ulah rasisme Ruhut, Boni bentuk perlawanan
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0710 seconds (0.1#10.140)