Boni Hargens laporkan Ruhut Sitompul ke BK DPR

Senin, 09 Desember 2013 - 12:16 WIB
Boni Hargens laporkan Ruhut Sitompul ke BK DPR
Boni Hargens laporkan Ruhut Sitompul ke BK DPR
A A A
Sindonews.com - Pengamat Politik dari Universitas Indonesia Boni Hargens melaporkan Anggota Komisi III DPR Ruhut Poltak Sitompul ke Badan Kehormatan (BK) DPR RI.

Hal yang dilaporkan kepada BK ialah mengenai ucapan Ruhut yang dinilai bernuansa rasis dengan menyebut Boni berkulit hitam.

"Ini bukan perkara saya dengan Ruhut. Secara personal tidak perlu ada pembencian, demokrasi kita bicara prinsip. Dia mengeluarkan kata kulit hitam," kata Boni di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (9/12/2013).

Ia pun berharap Ruhut mendapat sanksi tegas dari BK dengan laporannya itu. "Bila perlu dipecat dan Partai Demokrat mencarikan PAW-nya," tegasnya.

Sekadar informasi, insiden itu diketahui bermula pada acara talk show di salah satu media televisi nasional, 5 Desember 2013 lalu. Ruhut Sitompul melemparkan ejekan kepada Boni Hargens ikhwal warna kulit."Aku mau tanya? Lumpur Lapindo itu warnanya apa? Hitam kan! Ya sudah, itu Boni Hargens itu kulitnya hitam kan! Belum lagi yang lain-lain, banyak kok," sebut Ruhut saat acara dialog tersebut.

Saat itu, dialog tersebut sedang membahas Bu Pur dalam kasus Hambalang dan kaitannya dengan Istana. Hadir Ruhut Sitompul dan Boni Hargens sebagai narasumber di studio televisi itu.

Ruhut tampak emosional dan cenderung lost control. Lalu melontarkan pernyataan rasis yang ditujukan kepada Boni. Tak terima dengan ancaman bernada rasisme, Boni pun merasa kecewa dengan melaporkan Ruhut ke Polda dan mendeklarasikan perlawanan anti diskriminasi.‬

Ulah rasisme Ruhut, Boni bentuk perlawanan
(lal)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5707 seconds (0.1#10.140)