ICIS: Parpol religius hanya eksploitasi agama

Sabtu, 07 Desember 2013 - 16:54 WIB
ICIS: Parpol religius hanya eksploitasi agama
ICIS: Parpol religius hanya eksploitasi agama
A A A
Sindonews.com - Sekretaris Jenderal International Conference of Islamic Scholars (ICIS), Ahmad Hasyim Muzadi meyakini bahwa proses demokrasi di Indonesia saat ini telah kehilangan semangatnya dan telah masuk dalam sistem oligarki politik.

"Pada saat politik tak bisa diharapkan, maka pendekatan melalui jalur agama jadi pilihan logis dalam menata kembali bangsa Indonesia," kata Hasyim di kantor ICIS, Jalan Dempo, Jakarta Pusat, Sabtu (7/12/2013).

Selain itu, sesepuh di Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) tersebut juga mengatakan bahwa saat ini para pemimpin pemerintahan semakin tidak memperhatikan nilai-nilai keagamaan untuk memimpin bangsa ini.

"Sayang nilai agama belum muncul dan jadi pilihan. Hal yang terjadi justru pasca reformasi, yang terjadi adalah demokrasi semu, demokrasi pura-pura yang membuat nilai Pancasila semakin terkikis," kata Hasyim.

Hasyim meyakini bahwa ditengah terkikisnya nilai-nilai demokrasi yang ada di Indonesia, seharusnya partai politik religius menjadi benteng dan memperbaiki situasi tersebut.

"Kenyataan parpol basis agama, khususnya Islam justru lebih banyak mengeksploitasi agama untuk kepentingan politik daripada memberikan kontribusi nyata kepada umat," pungkas Hasyim.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5796 seconds (0.1#10.140)