Anas & Mulyana dipercayakan urus demo di KPU

Senin, 02 Desember 2013 - 13:01 WIB
Anas & Mulyana dipercayakan...
Anas & Mulyana dipercayakan urus demo di KPU
A A A
Sindonews.com - Almarhum Mulyana W Kusumah selain dikenal sebagai pakar kriminolog, dia juga pernah menjabat sebagai Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) bersama mantan Ketua Umum Partai Demokrat, Anas Urbaningrum.

Melalui akun Twitter pribadinya @anasurbaningrum, Anas mengenang sosok Mulyana waktu sama-sama bertugas menjadi komisioner KPU periode tahun 2004 silam.

Menurut Anas, saat bertugas di KPU, jika terdapat aksi demonstrasi dari masyarakat yang tak setuju dengan keputusan-keputusan yang dikeluarkan KPU, maka tugas dirinya bersama Mulyana langsung turun ke jalan menemui massa demonstran.

"Selama di KPU, kalau ada rombongan yang "demo" atau ingin sampaikan aspirasi, biasanya Mulyana W Kusumah (MWK) dan saya yang ditugasi menerima," kenang Anas, di akun Twitternya, Jakarta, Senin (2/12/2013).

Anas menceritakan, Mulyana dikenal sebagai pribadi yang tak kenal menyerah dan tangguh. Sekalipun ada persoalan dengan kesehatan pernafasannya lantaran Mulyana dikenal sebagai perokok berat, tetapi tugas-tugas di KPU selalu menjadi prioritas utama.

"MWK adalah pekerja keras, selain perokok berat. Orangnya berkomitmen dan bertanggung jawab pada tugas," ujarnya.

Tak jarang, lanjut Anas, Mulyana bersama dirinya bekerja hingga larut malam untuk menyelesaikan tugas-tugas tahapan pemilu saat itu.

Bukan itu saja, saat Anas memutuskan untuk maju aktif di partai politik yakni partai Demokrat, Mulyana lah sosok yang pertama kali memberi semangat dan mendukungnya. Anas mengaku dapat dukungan dari inisiator Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP) itu.

"Ketika saya berhenti dan kemudian diminta membantu di Demokrat, MWK termasuk yang menyemangati," sambungnya.

Seperti diketahui, Mulyana meninggal dunia pada usia 65 tahun. Ia meninggal setelah di rawat selama dua pekan di Rumah Sakit Darmais, Jakarta, setelah sebelumnya divonis menderita stroke. Mulyana juga tercatat sebagai dosen Fisip UI serta pernah bergiat di Yayasan Lembaga Bimbingan Hukum (YLBHI) Jakarta.

Baca berita:
Sosok Mulyana di mata Wakil Ketua KPK
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5997 seconds (0.1#10.140)