Modal utama bagi guru di Indonesia

Selasa, 26 November 2013 - 08:32 WIB
Modal utama bagi guru di Indonesia
Modal utama bagi guru di Indonesia
A A A
Sindonews.com - Anggota Komisi X DPR, Puti Guntur Soekarno mengatakan, masalah-masalah pokok mengenai guru, pertama persoalan terhadap nilai keguruan yang merupakan modal utama bagi seorang pendidik.

"Sebagaimana pendidikan nasional kita banyak mengambil nilai etis keguruan seperti dari Taman Siswa warisan ajaran Ki Hajar Dewantara. Nilai itu penting untuk dipertahankan guru," kata Puti saat dihubungi Sindonews, Selasa (26/11/2013).

Dirinya berpendapat, bila nilai keguruan itu sudah hilang maka tenaga pendidik hanya akan menjadi profesi seperti layaknya buruh pengajaran di kursus-kursus yang buka lagi bermakna secara filosofis guna mencerahkan siswanya.

"Terkait dengan soal nilai keguruan ini Bung Karno pernah berpesan dalam tulisan di halaman terakhir Buku DBR Jilid I yaitu 'Menjadi Guru Di Masa Kebangunan', maksudnya adalah, agar tiap-tiap warga negara menjadi pemimpin perubahan," ucapnya.

"Guru yang mempelopori perubahan atau rasulnya kebangkitan nasional. Kalau nilai ini masih eksis tentu siswa-siswa yang dihasilkan juga mencerminkan budi pekerti dalam perilakunya setelah berkiprah di masyarakat. Jadi perlu revolusi sikap keguruan saat ini," imbuhnya.

Berita terkait:
Semua orang harus bisa akses pendidikan.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7170 seconds (0.1#10.140)