Partai bernuansa religius minim apresiasi

Minggu, 24 November 2013 - 17:53 WIB
Partai bernuansa religius minim apresiasi
Partai bernuansa religius minim apresiasi
A A A
Sindonews.com - Lembaga Survei Nasional (LSN) menegaskan bahwa ada empat alasan masyarakat semakin jarang mengapresiasi dan tidak akan memilih partai-partai bernuansa religius pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2014 mendatang.

Alasan yang pertama yakni karena banyaknya kasus korupsi yang melibatkan beberapa kader di partai Islam yang membuat kepercayaan publik dari hari ke hari makin merosot.

"Secara keseluruhannya pasti merosot," kata Peneliti LSN Gema Nusantara dalam ekspose hasil survei nasional dengan tema 'Partai Islam Menjelang Pemilu 2014, Wacana Koalisi dan Figur Pemersatu' di Century Park Hotel, Jakarta Selatan, Minggu (24/11/2013).

Lalu alasan yang kedua, secara keseluruhan hampir semua partai-partai religius jarang ada yang peduli terhadap masalah-masalah nyata yang dihadapi masyarakat.

"Ketiga, hampir semua partai Islam dinilai bersifat konservatif atau kurang berpihak pada perubahan," tegas Gema.

Alasan terakhir, kata dia, adanya krisis kepemimpinan di kalangan partai religius, dimana tidak ada lagi tokoh dari kalangan partai religius yang kuat dan disegani.

"Oleh karena itu, wacana koalisi dan memunculkan figur yang dapat diterima semua kalangan umat Islam, diharapkan menjadi ijtihad untuk mendongkrak performance partai Islam," pungkas Gema.

Baca berita:
Meski pesimis, koalisi parpol Islam patut dicoba
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5564 seconds (0.1#10.140)