Saleh Husin kritisi pembagian frekuensi penerbangan umum

Jum'at, 22 November 2013 - 17:52 WIB
Saleh Husin kritisi...
Saleh Husin kritisi pembagian frekuensi penerbangan umum
A A A
Sindonews.com - Rencana pemerintah pengurangan frekuensi penerbangan di Bandara Internasional Soekarno Hatta, dialihkan ke Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur mendapat kritik dari wakil rakyat.

Anggota Komisi V DPR Saleh Husin yang membidangi perhubungan, mengingatkan agar pemerintah dan instansi terkait, tidak hanya fokus pada pengurangan frekuensi penerbangan dan pengalihan saja.

"Perhatikan hak penumpang. Pastikan akses ke pesawat dan bandara lancar. Juga keselamatan," katanya melalui siaran pers, Jumat (22/11/2013).

Dia menyoroti, kawasan Cawang sebagai akses penumpang ke Halim Perdanakusuma merupakan daerah langganan macet. Saleh mendesak perhitungan estimasi rasio jumlah penerbangan, jumlah penumpang dan arus kendaraan.

Infrastruktur Bandara Halim Perdanakusuma, lanjut Saleh, juga harus diperhitungkan. Salah satunya mengenai landasan pacu dan pelayanan kepada penumpang.

"Bagus juga kalau ada beberapa maskapai yang sudah berminat memanfaatkan Halim Perdanakusuma. Tapi otoritas bandara juga harus memperhatikan fasilitas yang layak, dan manusiawi bagi penumpang. Jangan hanya melayani kepentingan maskapai saja," ulas dia.

Selama ini Bandara Halim Perdanakusuma digunakan untuk penerbangan carter, VIP, jamaah haji dan kargo. Jika pengalihan terwujud mulai Januari 2014 mendatang, kepadatan di Bandara Soekarno Hatta diharapkan berkurang hingga 5 persen.

Saat ini jumlah lalu lintas penumpang di Bandara Soekarno Hatta mencapai 146.000 orang per hari, sehingga sekira 5 persen atau 7.300 penumpang per hari dapat dialihkan ke Halim.

Klik di sini untuk berita terkait.
(stb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0925 seconds (0.1#10.140)