Hasil WCF akan dilaporkan ke UNESCO

Kamis, 21 November 2013 - 20:37 WIB
Hasil WCF akan dilaporkan ke UNESCO
Hasil WCF akan dilaporkan ke UNESCO
A A A
Sindonews.com - Pemerintah akan membawa hasil World Culture Forum (WCF) ke sidang Unesco. Sebagai masukan pada Post Millenium Development Goals (MDGs) 2015.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh mengatakan, WCF yang akan diselenggarakan di Bali pada 24-27 November, akan diikuti oleh 18 negara, Dirjen Unesco Irina Bokova dan pemenang Nobel Amartya Sen.

Ada enam tema yang akan dibahas, yaitu Holistic Approaches to Culture in Development, Civil Society and Cultural Democracy, Creativity and Cultural Economics, Culture in Environment Sustainability, Sustainability Urban Development dan Inter-faith Dialogue and Community Building.

“Selain menghasilkan deklarasi The Bali Promise, kami akan menyampaikan hasil forum ini ke Unesco, untuk memperkuat MDGs 2015,” katanya di gedung Kemendikbud, Kamis (21/11/2013).

Mantan Menkominfo ini menuturkan, ketika membuka debat pada Sidang Umum PBB 12 Juni lalu, Sekjen PBB Ban Ki Moon menegaskan pentingnya peran kebudayaan dalam pembangunan.

Pada kesempatan itu pula Presiden SBY menyatakan komitmennya, untuk menggali secara mendalam soal kebudayaan dalam pembangunan, di Agenda Pembangunan pasca Millenium 2015.

Dia menyatakan, Unesco sudah memberikan catatan khusus kepada Indonesia dipandang sebagai laboratorium budaya yang luar biasa. Mereka memandang praktik toleransi, dan tolong menolong yang ada di tanah air juga patut ditiru.

Namun Indonesia menggagas WCF ini, bukan untuk menggurui dan memaksakan tradisi Indonesia. Namun mencari solusi dari fenomena dunia atas hilangnya rasa-rasa kemanusiaan, dengan pendekatan kebudayaan.

“Konflik antar negara dapat naik turun, namun diplomasi budaya dapat menjadi pendingin ketika hubungan politik antar negara memanas,” tuturnya.

M Nuh menyebut, WCF yang akan digelar dua tahun sekali dan sejajar dengan World Economic Forum, yang kerap digelar di Davos atau World Environment Forum di Brazil.

Adapun tema WCF 2013 kali ini, adalah The Power of Culture in Sustainable Development. Tujuan yang hendak dicapai ada lima, yakni adanya kesepahaman bahwa kebudayaan merupakan bagian integral dari pembangunan berkelanjutan, adanya kerangka etik untuk memperoleh dari pembangunan, lahir model partisipasi baru dalam budaya demokrasi, draft baru pada pembangunan berkelanjutan dan juga masukan paska agenda pembangunan 2015.

Klik di sini untuk berita terkait.
(stb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5340 seconds (0.1#10.140)