Pesan SBY untuk Brimob

Jum'at, 15 November 2013 - 18:51 WIB
Pesan SBY untuk Brimob
Pesan SBY untuk Brimob
A A A
Sindonews.com - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menjadi Inspektur Upacara dalam acara penganugrahan Warga Kehormatan Korps Brigade Mobil (Brimob) kepadanya.

Meski hujan terus mengguyur jalannya upacara, SBY tetap lantang menyampaikan sambutannya. Dalam sambutannya, SBY mengintruksikan kepada ribuan prajurit Brimob, agar memiliki semangat, solidaritas, dan bermoral.

SBY pun menyampaikan empat Intrutksi dan pesan serta harapan SBY, usai mendapat penganugerahan Warga Kehormatan Brimob, yakni, tingkatkan semangat juang, kewaspadaan, kedisplinan dan profesionalisme dalam melakukan tugas dimana pun tugas itu dilaksanakan.

"Tanamlah kesadaran, dengan mewarisi nilai-nilai kehormatan dan perjuangan dari polisi istimewa," jelas Presiden SBY dalam pidatonya di Mako Brimob, Depok, Jawa Barat, Jumat (15/11/2013).

Kedua, pelihara solidaritas dan jiwa korsa yang luas tetapi tidak sempit, sesuai moto operasi sekali menyerang pantang menyerah. Ketiga, Brimob harus tangguh, profesional, bermoral dan patuh pada hukum, sekaligus pelindung, penyayom masyarakat, dengan melaksanakan tugas operasional.

"Hadapi gangguan Kamtibmas dengan kedepankan pelayanan masyarakat yang tegas namun humanis, seraya mencegah jatuhnya korban yang tidak berdosa," ucapnya.

"Keempat jajaran kepolisian saya ulangi instruksi yang beberapa kali saya sampaikan. Dalam menangani aksi-aksi kekerasan, gangguan Kambtibmas dapat melakukan dengan cepat, tepat dan tuntas, jangan rakyat menilai kepolisian tidak tepat dan tidak tuntas dan bahkan negara dianggap melakukan pembiaran," terangnya.

Oleh karenanya, lanjut SBY, diperlukan pendidikan dan pelatihan yang mampuni. Kemampuan yang luas dari komandan kesatuan yang tugas di lapangan. "Komandan kesatuan yang efektif dapat mencegah kegagalan keamanan dalam negeri dan gangguan kamtibmas bersekala tinggi," tegasnya.

Kelima, kepada seluruh anggota Brimob dan Korbrimob yang tugas di pulau-pualu terdalam dan terluar yang berada kepualauan di bawah bendera PBB, saya ucapkan selamat bertugas. Periharalah nama baik bangsa negaran jalankan tugas dengan tabah dan bersemangat.

"Polri Khusunya Brimob dan pasukan yang tergabung dalam misi kemanusiaan di Darpur (pasukan Unamid-PBB) saya ucapkan selamat bertugas, tunjukan profesional dan pelihara nama baik negara, demikian pesan dan harapan yang saya sampaikan," tuntasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3434 seconds (0.1#10.140)