Kemenakertrans klaim tetap koordinasi dengan Saudi terkait WNIO

Kamis, 14 November 2013 - 01:03 WIB
Kemenakertrans klaim...
Kemenakertrans klaim tetap koordinasi dengan Saudi terkait WNIO
A A A
Sindonews.com - Staf Khusus Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) Dita Indah Sari mengatakan, saat ini pada prinsipnya Kemenakertrans selalu berkoordinasi secara intensif dengan pihak Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI), yang posisinya sebagai perwakilan RI di Arab Saudi.

Menurut dia, saat ini kendala yang dihadapi ialah jumlah Warga Negara Indonesia Overstay (WNIO) yang sangat banyak, sehingga melayani ribuan warga dinegara orang bukanlah perkara yang mudah dilakukan.

“Tapi kami yakin bahwa semuanya dapat dipulangkan, walaupun harus mengantri dan menunggu giliran,” kata Dita, saat dihubungi KORAN SINDO, Rabu 13 November 2013.

Saat ini, lanjut Dita, Kemenakertans dan kementerian lainya sudah mengirim petugas untuk bekerja sama dengan KJRI. "Dalam melakukan lobi-lobi dan penanganan di lapangan merupakan fungsi konjen dan duta besar sebagai wakil pemerintah Indonesia di luar negeri,"

Sebelumnya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) diminta langsung turun tangan dalam penyelesaian WNIO di Arab Saudi. Direktur Eksekutif Migrant Care Anis Hidayah mengatakan, seharunya para WNI overstay dapat dibawa ke ke dalam gedung Matar Qadhim bukan membiarkan mereka dicecer di luar daerah tersebut.

Sehingga para WNI overstay diangkut oleh petugas keamanan dan disatukan dengan pekerja dari pakistan. Menurut dia, dalam situasi urgen seperti ini diharuskan Presiden SBY langsung menemui raja Arab Saudi untuk melakukan lobi. Melihat 70 ribuan WNI overstay yang harus diselamatkan.

"Bukan hanya permasalahan pulang tapi permasalahan lainya seperti pengurusan surat-surat dan lainya. SBY harus langsung turun tangan," tandasnya saat dihubungi KORAN SINDO, Selasa 12 November 2013.

Berita terkait:
Pemerintah didesak pikirkan nasib 73 ribu TKI di Arab
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0000 seconds (0.1#10.140)