TK diusulkan jadi program wajib belajar

Jum'at, 25 Oktober 2013 - 21:11 WIB
TK diusulkan jadi program wajib belajar
TK diusulkan jadi program wajib belajar
A A A
Sindonews.com - Pemerintah mengusulkan jenjang pendidikan Taman Kanak-Kanak (TK) menjadi program wajib belajar. Sehingga peningkatan mutu siswa dan guru pun dapat meningkat.

Dirjen Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal dan Informal (Paudni) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Lydia Freyani Hawadi mengatakan, perlu terobosan untuk tingkatkan mutu guru serta pendidikan jenjang TK.

"Yakni, dengan menjadikan TK masuk sebagai program wajib belajar. Dengan demikian pemerintah mau tidak mau harus menganggarkan dan lebih memperhatikan, termasuk kualifikasi dan kesejahteraan gurunya,” katanya usai penganugerahan pemenang lomba pengembangan Alat Peraga Edukatif (APE), di Jakarta, Jumat 25 Oktober 2013.

Lydia mengatakan, jika TK masuk wajib belajar akan tercipta kesinambungan pendidikan. Yakni konsistensi pendidikan yang ditempuh mulai dari TK hingga perguruan tinggi. Dia juga tidak menampik jika TK merupakan pintu masuk Sekolah Dasar (SD) yang tidak dapat dikesampingkan.

"Kemendikbud harus melakukan terobosan-terobosan yang efektif guna meningkatkan kualitas pendidikan usia dini," ungkapnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6916 seconds (0.1#10.140)