IPW: Kabareskrim harus dari kalangan reserse

Kamis, 24 Oktober 2013 - 15:38 WIB
IPW: Kabareskrim harus...
IPW: Kabareskrim harus dari kalangan reserse
A A A
Sindonews.com - Indonesian Police Watch (IPW) meminta Kabareskrim pengganti Sutarman seharusnya direkrut dari kalangan reserse. Tujuannya agar Bareskrim Polri makin tangkas dan makin profesional dalam mengungkap perkara.

"Terutama penembakan terhadap anggota polisi yang hingga kini belum terungkap. Makanya jangan dari luar reserse, seperti yang terjadi beberapa waktu lalu," ujar Ketua Presidium IPW Neta S Pane melalui rilis yang diterima Sindonews, Kamis (24/10/2013).

IPW pun menyarankan, untuk mendapatkan Kabareskrim yang mumpuni dan profesional, Polri harus melakukan fit and proper test terhadap sejumlah calon. Dalam mencari calon Kabareskrim, Dewan Kebijakan Tinggi (Wanjakti) bisa menjaring sejumlah nama untuk diseleksi.

"Lalu beberapa nama dilakukan fit and proper test oleh Tim Penilai Akhir (TPA), yang terdiri dari anggota Wanjakti dan Kapolri," ujarnya.

Neta menjelaskan, kriteria calon Kabareskrim antara lain, harus reserse tulen, pernah memegang jabatan strategis di reserse (lebih baik lagi pernah menjadi kapolda). Selain itu, punya prestasi, bisa jadi teladan, punya komitmen yang jelas untuk memberantas korupsi, konsep kerjanya jelas, dan kapabilitasnya mumpuni.

"Dengan adanya fit and proper test ini Bareskrim Polri diharapkan akan makin profesional," tegasnya.

Baca berita:
Calon Kabareskrim perlu jalani fit and proper test
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0884 seconds (0.1#10.140)