Menhan cek kesiapan pasukan skadron helikopter M17

Senin, 21 Oktober 2013 - 18:53 WIB
Menhan cek kesiapan pasukan skadron helikopter M17
Menhan cek kesiapan pasukan skadron helikopter M17
A A A
Sindonews.com - Menteri Pertahanan (Menhan) RI, Purnomo Yusgiantoro mengunjungi Lapangan Udara Utama TNI AD (Lanumad) Ahmad Yani Kota Semarang, hari ini.

Kunjungan itu dilakukan dalam rangka mengecek kesiapan pasukan Satgas Helikopter TNI Kontingen Garuda 35A/United Nation Hibrid Mission In Darfur (Unamid) yang akan dikirim ke Sudan.

Dalam kesempatan itu, Purnomo mengecek semua hal terutama mengenai kesiapan pasukan. Tidak hanya fisik dan mental, Purnomo juga mengecek satu persatu helikopter dan peralatan lain yang nantinya akan dikirim untuk membantu menjaga perdamaian PBB di wilayah itu.

“Indonesia memang selalu aktif mengirimkan pasukan dalam misi perdamaian dunia sejak 1957. Saat ini, kita akan kembali berpartisipasi menjaga perdamaian dunia di daerah Darfur Sudah, dengan mengirimkan skadron helikopter M-17 ini,” kata dia di Semarang, Senin (21/10/2013)

Purnomo menambahkan, meski sampai saat ini belum ada kepastian kapan pasukan akan diberangkatkan, namun kesiapan harus dimiliki sejak awal. Sehingga saat dibutuhkan imbuh dia, pasukan akan siap berangkat.

“Memang belum ada kepastian kapan berangkat karena belum adanya security clearance dari pemerintah Sudan. Namun saya hanya ingin memastikan kesiapan mereka. Dan ternyata, baik dari pasukan maupun peralatannya sudah lengkap dan siap,” imbuhnya.

Dalam kesempatan itu, pihak TNI juga mengajak Wakil Presiden RI 1993-1998 juga mantan Panglima ABRI Try Sutrisno. Dalam kesempatan itu, Try berpesan kepada para tentara yang nantinya akan berangkat untuk terus menjunjung tinggi ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

“Saudara akan berangkat melaksanakan tugas suci menjaga perdamaian di daerah konflik. Jangan sembrono, jangan lengan dan harus waspada. Jaga terus nama baik bangsa ini di kancah dunia. Pegang teguh janji suci Anda sebagai seorang pejuang, tentara rakyat dan tentara nasional,” kata dia disambut tepuk tangan puluhan tentara.

Baca berita:
Satgas Kizi TNI Konga XXXII-C siap berangkat ke Haiti
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6755 seconds (0.1#10.140)