Kostrad gelar layanan posyandu lansia di Maluku Utara

Rabu, 09 Oktober 2013 - 15:56 WIB
Kostrad gelar layanan posyandu lansia di Maluku Utara
Kostrad gelar layanan posyandu lansia di Maluku Utara
A A A
Sindonews.com - Menjelang akhir masa penugasan, Satgas Yonarmed 8 Kostrad tetap konsisten menjalankan program-program pembinaan teritorial dalam rangka membantu meringankan kesulitan masyarakat Maluku Utara.

Salah satu program pembinaan teritorial yang rutin dilaksanakan adalah pelayanan posyandu lansia pada 8 Oktober 2013, bertempat di Balai Desa Mangga-mangga, Kecamatan Kairatu, Kabupaten Seram Bagian Barat, Propinsi Maluku.

Sebagaimana siaran pers yang diterima Sindonews, posyandu lansia merupakan kerjasama antara personel kesehatan Satgas Yonarmed 8 Kostrad, petugas posyandu lansia Puskesmas Kairatu, dan Jemaat Gereja Kairatu.

Posyandu di Balai Desa Mangga-mangga yang mengkhususkan diri dengan sasaran lansia ini, telah berdiri sejak tahun 2008 dan merupakan inisiatif dari warga sekitar yang memiliki populasi lansia cukup besar yang kemudian oleh Jemaat Gereja Kairatu dibiayai rutin untuk persediaan obat-obatan dan konsumsi.

Awalnya posyandu ini hanya melayani untuk masyarakat di sekitar balai desa saja, namun seiring berjalannya waktu saat ini setiap bulannya tidak kurang dari 70–90 lansia. Lansia ini ada yang memang tinggal di sekitar balai desa, ada pula yang datang dari desa-desa yang jauh, mereka semua dapat merasakan manfaat dari pelayanan kesehatan yang diadakan secara gratis.

“Beta sangat senang bisa ada pengobatan gratis seperti ini, jadi Beta seng perlu lai pergi ke rumah sakit (puskesmas) karena obat-obat disini (posyandu lansia) sudah bagus dan ada dokternya,” ujar pasien lansia Yuliani.

Pendekatan kesehatan merupakan salah satu strategi pembinaan teritorial yang paling dapat diterima dan selalu disambut baik oleh masyarakat, hal ini disebabkan karena tingkat kesehatan dan fasilitas kesehatan yang masih kurang di wilayah Maluku Utara.

Faktor ekonomi yang masih menengah ke bawah turut menjadikan kegiatan-kegiatan sosial dalam bidang kesehatan seperti pengobatan gratis selalu mendapatkan antusiasme yang tinggi dari masyarakat.

Satgas BKO Yonarmed 8/1/2 Kostrad mempunyai tugas pokok untuk menjaga ketertiban, keamanan dan kedamaian yang ada di wilayah Maluku, Maluku Utara. Sebagai bagian dari TNI AD yang memiliki peran menjadi tentara rakyat, tentara pejuang, tentara nasional dan tentara profesional, Satgas BKO Yonarmed 8/1/2 Kostrad selalu membantu masyarakat Maluku dan Maluku Utara dengan kegiatan–kegiatan sosial seperti karya bhakti, pengobatan dan khitanan massal, penyuluhan kesehatan.

Dengan mengusung slogan “Mari Katong Bikin Maluku Tetap Damai, Karena Katong Samua Basudara”, Komandan Satgas Yonarmed 8 Kostrad Letkol Arm Wahyu Sulastianto optimis bahwa penugasan Pamrahwan Maluku-Maluku Utara ini dapat berjalan sukses dan berhasil.

Baca juga berita BPK lakukan pengawasan di Kostrad.
(lal)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5780 seconds (0.1#10.140)