Menag desak Arab saudi pasang petunjuk arah bahasa Indonesia

Sabtu, 05 Oktober 2013 - 16:43 WIB
Menag desak Arab saudi...
Menag desak Arab saudi pasang petunjuk arah bahasa Indonesia
A A A
Sindonews.com - Dirjen Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) Kemenag Anggito Abimanyu mengatakan, beberapa petunjuk arah berbahasa Indonesia sudah dipasang di Masjidil Haram. Namun, tanda tersebut sering dilepas oleh para petugas atau laskar.

Menurut Anggito, tanda-tanda petunjuk arah tersebut masih berstatus ilegal. Karena belum ada otoritas dari pemerintah Arab Saudi, maka para laskar atau petugas dengan sigap mencopotnya.

"Kita pasang dicopot lagi, ya kita pasang lagi. Tau sendirikan birokrasi Arab Saudi sangatlah kaku," ujar dia saat ditemui di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Sabtu (5/10/2013).

Untuk itu, lanjut dia, pemerintah Indonesia akan menekan pemerintah Arab saudi untuk memasang tanda-tanda dan petunjuk arah berbahasa Indonesia. Jika sekarang memang belum resmi karena instruksinya tidak dikenal.

"Bahasa Melayu tersebut tidak familiar di jemaah haji Indonesia selain itu kita jemaah terbesar," katanya.

Selain itu, lanjut dia, guna mengantisipasi jemaah yang tersesat, petugas haji Indonesia mengantisipasi dengan membuat pos-pos. Hal ini merupakan upaya agar jemaah tidak lagi tersesat atau tidak dapat pulang ke hotel.

"Kita buat pos dimana jemaah bisa mendatangi dan diberikan pelayanan dengan diantarkan langsung ke hotel para jemaah," tegasnya.

Baca juga berita Menag targetkan petunjuk arah berbahasa Indonesia di tanah suci
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0981 seconds (0.1#10.140)